Pages

Thursday, January 23, 2014

Exploring Melaka & Kuala Lumpur, Day 4 (Kuala Lumpur - Jakarta)

Minggu, 12 Januari 2014
  • City tour by KL Hop On Hop Off Bus 08.30 – 20.30 RM 45/pax
  • Petronas Twin Tower/KLCC – 23 (hop on ho off)
  • KL Tower (RM 47) – 2 (hop on ho off)
  • Central Market – 9 (hop on ho off)
  • Berjaya Times Square – 6 (hop on hop off)
  • Sultan Abdul Samad Bld – 17 (hop on hop off)
  • Masjid Jameek – 17 (hop on hop off)
  • The Heritage Center/Rumah Penghulu Abu Seman – 5 (hop on hop off)
  • Nasi Kandar Pelita
  • No. 149, Jalan Ampang, 50450 Kuala Lumpur. Tel/Fax : 603-2162 5532
  • Located in a corner bungalow, opposite Hotel Corus and a short walking distance from KLCC Twin Towers.
  • Grandmama’s Pavilion level 6 --> Air Batu Campur
  • Little Penang Café Suria KLCC level 4 --> Asam Laksa, Rojak Air Batu Campur
  • KL Sentral for bus to LCCT (hati2 ada bis ke KLIA dan ke LCCT) – hop on hop of
  • Air Asia QZ 8197 ETD 22.20 ETA 23.20
Seperti biasa, pagi2 sudah bangun sementara Mama menguasai kamar mandi, saya berkeliling sekitar Jalan Alor. Walaupun tidak seramai waktu malam, namun di pagi hari ada beberapa kedai makanan yang buka. Sepertinya menyediakan menu sarapan dan di ujung jalan Alor saya lihat ada Ibu2 berkerudung berjualan nasi lemak yang banyak fans-nya alias antrian pembeli.

Di sekitar jalan ini juga banyak penginapan2 berupa guest house juga terlihat beberapa hotel. Buat saya sih cocok lah menginap di daerah sini. Tempatnya strategis. Sayangnya saat ini sedang ada pengerjaan MRT jadi berdebu dan macet plus rada susah kalo mau menyeberang karena harus memutar karena di tengah jalan ditutup untuk pekerjaan MRT.

Jalan di sekitar Bukit Bintang tidak terlalu luas hanya memuat 2 mobi/bus malah di jalan Alor hanya cukup untuk 1 mobil. Jadi kebayang kan gimana macetnya kalau sore sampai malam karena di kiri kanannya banyak lapak makanan.

Puas keliling jalan Alor, balik ke penginapan dan cerita ke Mama suasana di luar. Tanpa mandi dulu saya dan Mama sarapan. Menu-nya sih sederhana; prasmanan roti dengan selai dan nasi goreng serta kopi dan teh. Eh susunya pake merk Dutch Lady loh... *norak. Sepertinya tamu2 di penginapan ini tipe keluarga deh. Ada ibu & anak juga terlihat Ibu2 kakak beradik. Bagus deh. Berarti ini penginapan masuk dalam kategori "bersih" :D

Setelah mandi dan beres2, kita check out tapi nitipin koper di penginapan. Oh... ternyata tempat tempat kita semalam check in/registrasi tuh penginapan untuk tipe dormitory.  Suasana sarapan disini lebih rame dan berisi generasi muda. Ya iyalah namanya juga dormitory.

Setelah mengembalikan remote AC dan remote TV, uang deposit dikembalikan.

Saya dan Mama menuju Bukit Bintang tempat pemberhentian Hop On Hop Off tourist bus yang terletak di samping mall Lot 10. Bukan berupa counter khusus loh, cuma plang bergambar bus wisata ini dan meja kecil untuk petugasnya. Langsung beli tiket disini RM 45/orang dan berlaku untuk 24 jam. Beruntung gak lama kemudian bus yang dinanti2 datang. Bus wisata ini berbentuk double dekker alias bus tingkat. Ada yang bagian atasnya tertutup semua, ada juga yang sebagian tertutup dan sebagian lagi terbuka. Asli terbuka, jadi bisa kepanasan, keujanan bahkan keanginan. Lah kan kalo di jalan yg lengang itu bus ngebut loh. Untuk saya sih duduk diatas lebih seru. Noh... bule2 pada menguasai ruangan terbuka.

Bahasa pengantar dalam bus wisata ini dalam bahasa Inggris yang disampaikan dalam bentuk recorded. Walaupun kedepannya akan ada audio phone dalam bahasa Melayu dan Mandarin. Penjelasan yang disampaikan pada tiap tempat pemberhentian cukup lengkap terlebih pada tempat2 bersejarah.

Saya dan Mama sepakat untuk putaran pertama, kita keliling semua rute bus ini. Putaran kedua baru deh naik turun di objek wisata. Nah, dengan keliling semua rute bus wisata, kita jadi tau mau turun di mana aja. Saya tandai mau turun di China Town, Central Market, KL Tower dan Petronas Twin Tower.

Bus berhenti cukup lama di National Palace dan Sultan Abdul Samad Building; jadi bisa turun dan foto2 dulu. Saya nyaris ditinggal bus di National Palace karena salah denger lama waktu berhenti. Si Mama udah teriak2 manggil saya dan saya terkepot2 lari ngejar bus.

Putaran kedua bus wisata, saya turun di China Town. Cuma pengen foto gerbang di depan China Town aja :D. Dari situ jalan menuju Central Market. Ah... disana gak ada yang menarik untuk dibeli. Tadinya Mama mau beli kaftan sutera, tapi gak ada sreg warna dan motifnya. Akhirnya beli teh tarik Halia (teh tarik dengan rasa jahe), teh tarik original dan kopi tarik. Yah, sekedar untuk oleh2. Ternyata barang2 tersebut lebih murah jika beli di Melaka. Di Melaka harganya RM 13 sementara di Central Market RM 15. Tapi... kalo beli di Melaka kan lumayan gempor bawanya :D.

Dari Central Market menutu halte bus wisata untuk ke tempat berikutnya yaitu Petronas Twin Tower! Sebetulnya sih tujuan utama ke pemberhentian Petronas tuh mau makan siang di Nasi Kandar Pelita yang lokasinya berdekatan dengan KLCC/Petronas Twin Tower.

Nyaris semua menu disini berasa pedas. Campuran India gitu. Tapi sumpah, martabaknya endang bambang (enak bingits) loh. Eh itu martabak gak dimakan di tempat tapi dibawa buat bekal ntar malem :D. Kelar makan, jalan lagi ke KLCC cuma pengen ngerasain masuk mall-nya doang. Gak pengen ikut tour dan naik ke menara kembar. Udah pernah sih...

Dari situ naik bus wisata menuju KL Tower. Nah... disini baru naik. Yah biasa aja sih seperti observation deck lainnya dan Monas gitu. Disediakan beberapa teropong. Eh bisa terlihat Batu Caves juga loh. Oiya, sama kayak di Melaka, disini juga sebelum menuju lift, ada tempat untuk foto2 yang bisa dibeli setelah tour ke observation deck.

Sebelum masuk ke KL Tower di halaman depannya juga terdapat miniatur rumah adat dari masing-masing wilayah persekutuan/kesultanan yang berjumlah 13.

Selesai menikmati kota Kuala Lumpur dari ketinggian langsung menuju ke halte bus wisata. Untungnya ada bus yang lagi berhenti menurunkan penumpang. Asik nih gak perlu nunggu lama untuk berangkat.

Agak2 mepet nih waktunya. Naik bus wisata untuk sampai ke Bukit Bintang dan kita turun. Mama nunggu di halte bus wisata dan saya ke penginapan untuk ambil koper. Mana lumayan macet lagi. Setengah lari langsung menuju penginapan etapi masih sempet mampir ke toko serba ada di samping penginapan untuk beli jeruk :D.

Cuma ambil koper langsung balik lagi ke Bukit Bintang untuk naik bus wisata untuk yang terakhir kalinya menuju KL Sentral. Kita kayak orang norak deh, seharian ini udah 3x keliling dengan bus wisata. Dan kalo tadi pagi pas lewat China Town itu masih enggak terlalu ramai, sore ini saat kita lewat sana udah macet; orang tumpah ruah.

Di KL Sentral agak2 bingung untuk transport ke LCCT ditambah lagi si Mama rada bawel ngatur2. Mana banyak PO bus dengan rute ke bandara LCCT/KLIA. Mau naik bus langsung eh disuruh beli tiketnya dulu di loket. Harga tiket sama untuk semua PO bus yaitu RM 10.

Akhirnya naik bus lah kita menuju bandara. Jauh banget loh ternyata dari KL Sentral ke bandara. Padahal itupun tanpa kena macet. Etapi.... oh no! Ternyata kita salah naik bus! Bus itu berhenti KLIA. Waduh... udah mulai deg2an nih secara waktunya udah mepet. Ada sih bus khusus yang bolak balik dari KLIA ke LCCT tapi kan gak tau jam brapa datangnya, trus berangkat laginya kapan dan entah berapa lama perjalanannya.

Duuuhhh.... kalo udah gini cuma bisa berdoa aja deh. Beli tiket bus RM 2,5. Tanya sama sopir busnya berapa lama ke LCCT dibilang paling cuma 10 menit. Padahal.... ada kali nyaris 1 jam! Jauh banget loh KLIA ke LCCT.

Agak bete pas mau check in karena dioper2 ke counter-nya. Untung masih ada waktu. Mestinya sih ngepas banget sampe waktu boarding tapi... pesawatnya delay bo! Jadi aja deh lebih dari jam 11 malem baru boarding.

Sampe di SHIA udah nyaris jam 1 dini hari. Kayaknya banyak pesawat delay deh. Karena di tempat pengambilan bagasi banyak banget penumpang. Biasanya kalo landing jam segini tuh paling 1 pesawat aja.

Yang pasti udah gak ada bus DAMRI yang lewat. Akhirnya kita naik taxi dari SHIA ke rumah. Jarang2 loh kayak gini :P.
  • City tour by KL Hop On Hop Off Bus 08.30 – 20.30 RM 45/pax
  • National Palace (hop on ho off)
  • Sultan Abu Samad Building (hop on ho off)
  • China Town/Petaling Street (hop on ho off)
  • Central Market (hop on ho off)
  • Petronas Twin Tower/KLCC – 23 (hop on ho off)
  • Nasi Kandar Pelita
  • No. 149, Jalan Ampang, 50450 Kuala Lumpur. Tel/Fax : 603-2162 5532
  • Located in a corner bungalow, opposite Hotel Corus and a short walking distance from KLCC Twin Towers.
  • KL Tower (RM 47) – 2 (hop on ho off)
  • KL Sentral for bus to LCCT (hati2 ada bis ke KLIA dan ke LCCT) – hop on ho of
  • Airport bus to KLIA (salah naik bus) RM 10
  • Airport bus KLIA - LCCT RM 2.50
  • Air Asia QZ 8197 ETD 22.20 ETA 23.20

No comments:

Post a Comment