Pages

Friday, March 21, 2014

Journey to The East - Sulawesi Selatan (Day 1)

9 Maret 2014
Jakarta - Makassar - Rammang Ramman
    • Citilink pp termasuk bagasi 20kg Rp 113.300
    • Jakarta - Makassar - Citilink QG 712 ETD 05.55 ETA 09.25
    • Taxi dari rumah ke Gambir Rp 15.000
    • Damri dari Gambir ke bandara Soetta Rp 30.000
    • Airport Tax Soetta Rp 40.000
    • Ojek untuk keluar bandara Hasanuddin Rp 20.000
    • Pete2 dari luar bandara Hasanuddin - depan jalan ke pabrik semen Bosowa Rp 10.000
    • Perahu ke Rammang2 Rp 50.000 (kalo sewa perahu sendirian Rp 150.000/perahu kecil)
    • Pete2 dari Maros ke Daya Rp 8.000
    • Pete2 dari Daya ke Jl Petarani Rp 3.000
    • Pete2 dari Jl Petarani ke Jl Urip Sumoharjo Rp 4.000
    • Tiket bus Litha (VIP AC) Rp 120.000
    • Pete2 dari Jl Urip Sumoharjo ke Pasar Sentral Rp 4.000
    • Pete2 dari Pasar Sentral ke Pantai Losari Rp 4.000
    • Mie Titi Rp 21.000
    • Pete2 dari Pantai Losari ke Lapangan karebosi Rp 4.000
    • Pete2 dari Lapangan Karebosi ke Jl Urip Sumoharjo Rp 4.000
      Akhirnya hari eksekusi datang juga. Setelah beli tiket promo dari Citilink pada bulan Agustus 2013 dengan harga Rp 113.000 pp sudah termasuk bagasi 20 kg, hari ini saya berangkat ke Makassar sendirian. Berbekal berbagai informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber mengenai tempat2 yang akan dikunjungi, transportasi umum, kondisi dan budaya di tempat2 yang akan dituju serta peta kota Makassar maka saya memberanikan diri untuk berangkat.

      Dan ini adalah kali pertama saya berpergian dengan melindungi diri saya dengan membeli asuransi perjalanan. Yah... kalo dbaca dari klausul2nya sih, banyak yang tidak dijamin; seperti jika terjadi kecelakaan, apabila kendaraan yg digunakan tidak memiliki izin sebagai kendaraan umum tidak akan diganti. Kecelakaan saat beraktivitas ekstrim juga tidak akan diganti. Tapi paling enggak, kalo kecelakaan saat naik kendaraan berizin kan terjamin untuk evakuasi kecelakaan dan reaptriasi jenazah. Ih... amit2 deh!

      Asli benar2 pergi seorang diri dari mulai berangkat dari rumah. Sebetulnya Mama sudah menawarkan untuk mengantar saya ke Gambir karena khawatir belum ada ojek atau kendaraan lain mengingat saya berangkat dari rumah jam 02.30. Tapi saya tolak. Toh pasti ada kendaraan dari depan rumah, entah itu ojek, bajaj atau bahkan taxi.


      Bener aja, pas berangkat gak ada ojek yang biasa mangkal di dekat kompleks rumah, akhirnya jalan sedikit ke arah Jl Dr Sutomo. Saya tidak beruntung karena satu2nya ojek yang mangkal disana baru saja pergi. Coba nawar bajaj eh dia minta Rp 15.000 ya kalo gitu mending naik taxi deh.

      Sebetulnya argo di taxi gak sampe Rp 10.000 tapi saya kasih aja Rp 15.000. Nyampe di Gambir udah nyaris jam 03.00, bus Damri udah penuh & nyaris berangkat. Untung masih keangkut.

      Enaknya berangkat pesawat paling pagi tuh lama tempuh dari Gambir ke bandara bisa diprediksi; 45 menit nyampe! Juga pesawat jarang delay. Entah karena masih pagi dan gak macet, bus Damri ini gak lewat PRJ dan tol Kemayoran melainkan melewati Mangga Dua Square dan lewat tol Ancol.

      Udah lama banget gak pergi dengan pesawat melalui terminal 1 bandara Soekarno Hatta. Walaupun masih gelap, terlihat sudah banyak calon penumpang. Ih... gimana tambah siang ya? Pasti udah kayak terminal bus nih terminal bandara. Sistim Citilink ini aneh deh. Kan saya sudah melakukan web check in mestinya kan tinggal attached stiker bagasi dan kupon airport tax nah... ini mah enggak. Jadi di counter check ini saya dapat print boarding pass sementara boarding pass yang saya print dari web check ini jadi gak terpakai. Sama aja buang2 kertas dan gak hemat dong. Oiya, kalo saya dapat fasilitas bagasi, semua barang bawaan walaupun itu berupa ransel pasti saya masukin ke bagasi. Males ribet. Mending bawa tas kecil aja ke dalam pesawat.

      Pemandangan di terminal 3 ini unik loh. Gak jauh dari counter check in terlihat sekumpulan orang sepertinya jemaah umrah yang transit duduk di lantai di pojokan. Juga tercium semilir wangi minyak angin. Pas naik mau ke gate keberangkatan di eskalator ada Ibu2 yang terpeleset. Duhhh...

      Saya perhatikan sudah banyak pesawat rute domestik yang berangkat sebelum jam keberangkatan saya. Pada boarding pass, keberangkatan melalui gate 3 namun saya liat di layar elektronik terpampang gate 6. Waduh mana yang bener nih. Saya saya tanya di gate 6 mana yang bener, eh petugas yang jaga disana bilang ikutin yang di boarding pass. Akhirnya saya ke gate 3. Setelah shalat subuh dan makan pagi dengan bekal yang dibawa dari rumah saya nunggu di gate 3. Ada penerbangan yang tiba2 gate keberangkatannya berubah saat boarding dan terlihat beberapa calon penumpang terlari2 menuju gate yang dimaksud. Juga sempat memperhatikan cabin crew dari Citilink untuk beberapa peneerbangan. Pilotnya WNI berumur sekitra 40-50an tahun tapi co-pilotnya masih muda, bule pula :P. Pramugari yang berambut panjang dikuncir ekor kuda.

      Bener aja, kejadian yang sama menimpa penerbangan saya. Saat boarding mendadak dipindah ke gate C7. Agak terlari2 deh secara lumayan jauh.

      Pesawat take off dan landing dengan mulus. Juga tidak terasa sakit di kuping selama penerbangan. Biasanya kalo saya naik maskapai ini, selalu merasakan sakit kuping dan pengang.

      Makassar


      Pesawat sampai tepat waktu. Ke toilet dulu bersih2 dan nanya2 transportasi keluar sama petugas cleaning service. Ternyata pilihan transportasi untuk keluar dari bandara ini adalah bus DAMRI, taxi, dijemput atau naik ojek.


      Keluar bandara Sultan Hasannudin ke Circle K beli minum & beli rokok untuk di TaTor. Petugasnya gak tau rokok yang biasanya di taro di pemakaman TaTor & gak tau jumlahnya (per batang atau per bungkus). Ih... gimana sih, katanya mau memajukan pariwisata. Di kios ini juga sekalian nanya transport keluar bandara. Gak ada angkot, naik ojek 20rb-25rb. Sempat nanya, kalo di Makassar taxi yang direkomendasiin namanya apa dan dijawab Bosowa Taxi. Saya lupa tanya temen sebelumnya.


      Rammang Rammang

      Saya naik ojek keluar bandara Hasanuddin Rp 20.000 setelah nawar dari Rp 25.000. Ada Ibu2 yg mau ke arah Pangkep ngasih tau harus naek pete2 yg mana. Juga dibantu sama Ibu2 itu nyetop pete2 dan nanya apakah lewat depat pabrik semen Bosowa karena gak semua pete2 lewat sana. Makasih ya Bu...


      Liat huruf2 partai Hanura 10 gede banget di persawahan di daerah Maros. Naek pete2 sampe depan jalan masuk ke pabrik semen Bosowa. Jalan ke dermaga lumayan jauh mana panas lagi udah gitu jalannya berdebu dan banyak truk besar berseliweran. Tau gitu naek ojek deh. Dermaganya gak keliatan karena letaknya turun dari jalan raya.

        Ada beberapa orang nunggu di dermaga, pas ditanya dan ternyata mereka mau keliling Ramang2 juga, nanya apa boleh ikutan share cost. Dijawab boleh dan ternyata mereka total sekitar 13-14 orang dari PT Coca Cola Amatil cabang Makassar. Akhirnya berangkat dengan 3 perahu motor; 2 perahu kapasitas 3 orang selebihnya dalam 1 perahu besar.

      Dengan perahu kita menyusuri sungai Pute dengan hamparan bukit kapur/karst yg hijau ditumbuhi pohon2. Perpaduan antara nyusur sungai di Cigenter (Ujung Kulon) yang dikiri kanannya banyak pohon dengan Green Canyon (Pangandaran) dengan batu2an. Melewati 3 jembatan bambu yang kalo perahu lewat, penumpang di perahu harus nunduk kalo gak bakal nabrak itu jembatan.


      Mampir di desa Berua. Katanya sih masyarakat desa Berua ini menghidupi dirinya dengan bertani dan bertambak ikan. Disini kita bisa merasakan jalan di pematang persawahan juga ada tambak ikan.



      Dari Rammang2 nebeng mobil salah satu rombongan CCA turun di Maros lanjut naik pete2 dan turun di terminal Daya.

      Duuhhh... rasanya pengen turun deh waktu liat toko makanan yang jual roti Maros. Konon kabarnya, roti terenak di Maros. Tapi secara inget, menurut informasi saat perjalanan dari Makassar ke Tana Toraja pasti lewat Maros dan akan mampir di restoran yang juga jual roti Maros, jadi ya udah nunggu ntar malem aja juga karena ngejar waktu untuk gak singgah2 di tempat di luar jadwal.


      Makassar (lagi)


      Nyambung pete2 untuk ke arah Jl Urip Sumoharjo untuk beli tiket bus ke Tana Toraja nanti malam. Salah turun atau tepatnya kelewatan untuk beli tiket bus Litha & Co. terpaksa naik pete2 balik lagi. Ternyata yang punya atau anaknya yg punya PO bus Litha ini lagi mencalonkan diri jadi anggota dewan. Noh... giant signage-nya persis di depan pool bus.


       

      Jadi untuk keberangkatan malam ada 4 bus; Non AC (20.00 - Rp 100.000), AC VIP (21.00 - Rp 120.000), Master 1 (21.30 - Rp 140.000) dan Master 2 (22.00 - 170.000). Diwanti2 untuk dateng 1/2 jam sebelumnya. Dari PO Litha ke pantai Losari tapi harus turun di Sentral dan ganti pete2 ke Pantai Losari. Sopir pete2 sih bilang lebih baik nanti malam saat mau ke pool bus mending naik taxi karena lebih aman daripada naek pete2 dan harus berganti pula. Tapi pas ditanya nama taxi yang direkomendasiin/taxi yang gak macem2 eh dia bilang semua taxi baik. Gak percaya deh.



      Menyusuri sepanjang pantai Losari dan benteng rotterdam yang rame banget. Ternyata lagi ada acara partai Golkar. Gak asik untuk foto2. Blusukan nyari yang namanya jalan Datu Museng yang katanya banyak makanan khas yang enak2 disana. Ternyata jalan Datu Museng itu daerah wisata kuliner yang tempatnya persis di seberang pantai Losari. Noh... gerbangnya aja ada tulisan "wisata kuliner". Mampir untuk makan Mie Titi. Eh porsinya banyak loh. kalo gak lapar2 banget mending beli 1/2 porsi. Etapi bisa gak ya? Pengen nyoba makan seafood di Lae Lae deket Mie Titi tapi udah kenyang. Katanya sih enak dan harganya murah.




      Nyusur pantai Losari (lagi) yang tambah sore tambah rame dan tambah macet. Nyari tempat penginapan yg bisa sewain kamar mandinya aja ternyata gak ada. Akhirnya numpang mandi di mesjid. Gak nyaman karena terburu2 tapi mending lah berasa seger.




      Dari pantai Losari gak ada pete2 yg langsung ke Jl Urip Sumoharjo tapi harus turun di lapangan Karebosi dan ganti pete2 yang ke Jl Urip. Udah banyak calon penumpang yang nunggu di pool bus Litha & Co. Karena datang kecepetan jadi bisa nge-charge HP dan BB. Lumayanlah...

      Busnya cukup nyaman dengan formasi 2-2, tempat duduk reclining dan ada bangku tambahan untuk kaki juga ada selimut dan bantal kecil. Emang sih selasarnya sempit, jadi ribet kalo mau mondar mandir. Tepat jam 21.00 bus berangkat.

      Ternyata pupus sudah harapan untuk makan roti Maros. Bus ini bablas gak berenti di restoran. Berenti sekitar 2-3x tapi di terminal untuk angkut penumpang. Yah... tau gitu tadi pagi disempetin mampir deh.

      1 comment: