Pages

Friday, December 6, 2013

Di-PHP-in LCC

Di-PHP-in sama LCC? Apa sih maksudnya? LCC Low Cost Carrier alias budget airlines alias penerbangan murah. Trus hubungannya sama PHP apa? Jadi nih udah seneng2 dapet tiket promo dengan harga murah walaupun belinya jauh2 hari sebelum keberangkatan eh gak taunya penerbangan ke destinasi tersebut diubah jadwal sepihak bahkan dibatalkan. Semacam Pemberi Harapan Palsu gitu deh.

Sejauh ini saya sudah mengalami 3x di PHP in. Panik? Pastilah! Ada yang tiket berangkat OK tapi pulangnya tiket dibatalin sepihak. Dalam kondisi ini berangkat dan pulang bukan dari kota yang sama. Ada juga yang jadwalnya diubah sepihak jadi gak asik banget.

Pertama kali waktu beli tiket promo Jakarta - Bangkok dan Ho Chi Minh City - Jakarta. Seneng banget dapet tiket murah. Secara perjalanan kali ini butuh biaya yang cukup banyak. Bukan karena mau belanja ini itu tapi karena ada beberapa kota di negara yang berbeda yang mau dikunjungi.

Jadi waktu itu si maskapai merah lagi bikin promo gede2an ke semua destinasi. Tiket dibeli di bulan Januari 2013 untuk keberangkatan September 2013. Lama banget kan tuh. Itinerary udah mulai disusun biar keliatan berapa biaya yang diperlukan. Daaannn... pertengahan Maret 2013 dapet surat cinta dari si maskapai yang isinya kasih tau kalo rute Jakarta Ho Chi Minh pp ditutup. Jegerrrr!!! panik dong saya. Secara saya tau banget gak ada lagi penerbangan langsung dan murah dari Jakarta ke HCMC atau sebaliknya.

Sebetulnya sih ke HCMC itu cuma transit untuk pulang ke Jakarta dari Phnom Penh, Kamboja. Karena dari PNH gak ada penerbangan langsung ke Jakarta. Semua LCC dari PNH pasti menuju SIN atau KUL dan tiketnya lumayan mahal. Jadi daripada langsung PNH-SIN-CGK mending PNH-SGN pake bis trus baru deh pesawat SGN-CGK. Lebih murah dan nambah koleksi cap imigrasi lagi :P

Saya diskusi dengan Mama saya yang akan pergi bersama saya dalam perjalanan ini. Rute mana yang akan kita pilih. Apakah SGN-SIN-CGK atau SGN-KUL-CGK. Di masing2 kota ini kita akan menginap sehari. Mama saya memilih lewat Singapura karena udah lama dia gak ke kota ini. Hihihi...

Beruntung saat saya cari maskapai pengganti, si loreng lagi ngadain promo. Jadilah saya beli tiket pesawat SGN-SIN dan SIN-CGK. Ya memang sih jadinya gak murah, tapi bisa singgah2.

Kejadian kedua adalah pembatalan sepihak oleh maskapai loreng untuk destinasi Jakarta - Padang pp. setelah sebelumnya ubah jadwal (secara sepihak juga) sampe 3x! Beli tiket bulan Maret 2013 untuk berangkat Oktober 2013 dan dibatalin pertengahan Agustus 2013. Yang ini sih gak bingung secara belom booking hotel, tiket pp pula. Terima refund aja deh. Untung dibatalin. Tuh teman saya, kena pas saat perubahan jadwal keberangkatan. Mestinya dari Jakarta berangkat pagi eh malah diubah siang. Jadwal di Padang jadi berantakan karena waktu yang mepet.

Yang ketiga baru saja saya alami. Beli tiket promo si loreng program berangkat bayar pulangnya dibayarin tujuan CGK-KUL pp. Beli di bulan Juli 2013 untuk Januari 2014. Saya pengen banget ke Melaka. Itinerary dan budgeting udah disiapkan bahkan hotel di Melaka dan Kuala Lumpur sudah di pesan di bulan Oktober 2013. Eh tetiba awal Desember 2013 terima e-mail yang isinya jam keberangkatan diubah sepihak. Dari yang tadinya berangkat dari Jakarta jam 07.30 diubah menjadi jam 22.40. Keterlaluan deh. Itu mah sama aja numpang tidur di Kuala Lumpur. Sementara jadwal saya sampai di LCCT langsung naik bis tujuan Melaka. Nah kalo udah malem gitu mau kemana coba? Horor banget pergi tengah malem gitu. Plus saya kan udah pbooking hotel di Melaka. Rugi dobel2 dong.

Gak pake pertimbangan lebih lanjut lagi, langsung telpon ke call center-nya dan minta full refund! Urusan ini beres, masih ada pe er lainnya. Cari maskapai pengganti untuk tujuan yang sama. Lagi2 Tuhan maha baik kepada saya. Si merah lagi ngadain promo. Malah kalau dihitung2 lebih murah (sedikit) daripada si loreng. Udah gitu jadwal penerbangannya lumayan banyak. Jadi bisa berangkat lebih pagi dan kembalinya penerbangan malam. Banyak waktu jadi gak terburu2. Daaannn... bisa ke Batu Caves tuh.

Gitu deh cerita di PHP in sama LCC. Ada kesel, deg2an, panik dll tapi pada akhirnya bersyukur diberi solusi oleh Tuhan. Kapok beli tiket promo? Ya enggak lah. Kalo kapok, gak jalan2 lagi dengan budget terbatas dong.

No comments:

Post a Comment