Pages

Monday, December 2, 2013

Kulineran ke Tangerang

Sebetulnya udah lama banget pengen ke Tangerang cuma buat wisata kuliner. Secara banyak yang bilang makanan yang enak2 tuh banyak di Tangerang. Udah 2x sih ke Tangerang, tapi itupun rame2 dalam rangka wisata sejarah; ke vihara, pura, mesjid pintu seribu, museum Benteng Heritage dll.

Nah hari Minggu kemaren 1 Desember saya beserta beberapa teman mau ke Tangerang dengan menggunakan kereta. Buat seru2an aja. Udah diwanti2 sama teman, nanti beli tiket komuternya untuk tujuan Tangerang, walaupun nantinya akan transit di stasiun Duri. Dengan sistem kartu ini, kalo salah turun bisa didenda Rp 50.000 loh.

Beruntung saat berangkat, hujan sudah reda. Padahal subuh tadi hujan deras banget. Berangkat dari rumah jam 06.45 dengan sarapan muesli dan susu dulu. Kalo nanti bisa langsung sarapan di Tangerang sih bagus, nah kalo enggak, kan bisa pengsan tuh.

Jalan dikit sampe perempatan Jl Angkasa/Pasar Baru gak perlu nunggu lama, langsung ada bis yang menuju Kota. Efek dari hujan besar, sungai di depan Mangga Dua Square meluap ke jalan dengan airnya yang berwarna hitam itu. Huek...

Jam 07.15 sudah sampai di stasiun Kota dan langsung ke loket pembelian kartu. Tarif kereta ke Tangerang Rp 3.000 plus deposit untuk kartu Rp 5.000. Uang deposit ini akan dikembalikan dengan menukarkan kartu. Oiya, untuk ke Tangerang, kita harus naik kereta ke stasiun Duri dulu baru disana ganti kereta dengan tujuan Tangerang.

Jam 07.30 kereta berangkat. Tertahan agak lama di stasiun Kampung Bandan. Dari situ bablas ke stasiun duri tanpa berhenti di stasiun Muara Angke. Ditinggal kereta yang ke Tangerang karena jam 07.45 kereta berangkat. Akhirnya nunggu kereta berikutnya yang akan berangkat jam 08.25. Gak papa lah...

Akhirnya kereta yang ditunggu datang juga. Masih kosong bo... Jangan khawatir kelewat stasiun Tangerang karena stasiun Tangerang tuh mentok kayak di stasiun Kota. Keluar dari stasiun saya langsung beli tiket untuk balik ke stasiun Kota biar nanti gak perlu antri pas pulang. Dari situ keluar stasiun dan nunggu angkot warna kuning tujuan Soleh Ali. Target pertama adalah Nasi Uduk dan Nasi Ulam Encim Sukaria.

Angkot kuning datang etapi ini sopirnya kagak tau jalan deh. Nanya kalo mau ke Jl Soleh Ali kudu turun dimana eh dia gak tau. Untung ada enci2 yang bilang kudu lewatin jalan kecil karena angkotnya gak lewat Jl Soleh Ali. Gak seberapa jauh sih dari stasiun Tangerang. Bayar angkot Rp 2.500/orang.

Ternyata eh ternyata di kiri kanan & seberang dari depotnya Encim Sukaria tuh berderet depot penjual aneka makanan. Ada bubur ayam, soto mie, pempe bahkan jus. Kali ini kita kurang beruntung. Nasi Ulamnya udah kehabisan. Jadi aja deh saya makan nasi uduk dan teman lainnya lontong sayur.

Nasi uduk tampil standar dengan bihun goreng dan semur tahu dan kentang. Lauk lainnya bisa pilih sendiri. Tapi juaranya tuh mirong/bakwan udang yang crunchy. 1 porsi nasi uduk, bihun goreng, semur tahu dan ketang, mirong dan tahu goreng tepung plus 1 gelas teh tawar dibayar seharga Rp 20.000. Lain kali harus nyobain Nasi Ulam dan Lontong Sayurnya! *tekad

Oh... ternyata kalo mau ke Encim Sukaria, itu angkot minta berenti di Gang Sukaria. Dari situ tinggal jalan langsung seberang depot Encim Sukaria. Dari situ kita mau ngubek Pasar Lama dan secara dari Soleh Ali gak ada angkot yang kesana terpaksa agak2 jalan kaki mana panas terik gini.

Akhirnya kita mutusin untuk naik angkot dan bilang mau ke klenteng Boen Tek Bio di Pasar Lama. Ini juga gak seberapa jauh dan bayar Rp 2.500/orang. Dari situ jalan dikit. Menuju pasar, terlihat ada rumah tinggal dengan ornamen Cina seperti rumah jaman baheula. Banyak kedai yang jual makanan berbahan Miss Piggy. Jelas gak mungkin ngajak Mama kesini. Bisa2 dia gak makan 7 hari 7 malem tuh. *lebay

Sebetulnya saya pengen beli kue putu mayang yang warna hijau asli daun pandan. Tapi yang ada malah hijau pake pewarna. Yang ada malah beli BGT (bawang goreng Tangerang) 2 bungkus. Teman2 yang lain ada yang belanja termos air panas buat bikin kopi, ada juga yang beli jepitan baju dari kayu. Gini nih kalo udah blusukan pasar, beli yang enggak2.

Ada teman yang pengen masuk museum Benteng Heritage yang letaknya di tengah pasar. Sayang museumnya gak kunjung di buka. Padahal tertulis buka jam 11.00. Mungkin karena pasar belum bubaran kali ya. Museum dibuka saat pasar sudah bubar. Ya sudah lah mungkin belum rejeki untuk ke museum ini. Lain kali deh mampir lagi.

Dari situ kita mau beli laksa yang konon kabarnya ada di dekat penjara wanita di daerah M. Yamin, Tangerang. Tapi sebelumnya kita ngadem di pinggir sungai Cisadane sambil ngegares cendol/dawet ayu :D.

Ternyata ada angkot warna kuning yang langsung ke tempat jualan laksa. Wah... perjalanan kali ini lumayan jauh. Tuh... ongkosnya aja sampe Rp 5.000/orang. Ternyata ini adalah semacam food court dengan deretan penjual laksa dengan berbagai nama. Yah... mana kita tau laksa mana yang enak. Disini cuma pesen laksa untuk dibawa pulang. Ya iyalah... masih penuh nih perut.

Dari situ kita balik lagi ke Pasar Lama, masih penasaran sapa tau museumnya udah buka. Tapi ternyata belum buka juga. Akhirnya saya beli  pepaya karena keliatannya manis dan besar seharga Rp 5.000. Teman saya yang mencicipi pepaya tersebut bilang manis. Tapi lumayan berat nih. Teman yang lain beli kerak telor dengan 2 telur bebek seharga Rp 20.000. Aneh juga sih, beli kerak telor di Pasar Lama Tangerang. Tapi enak loh kerak telornya.

Dari situ jalan ke stasiun karena memang gak ada angkot kesana dan gak terlalu jauh juga sih. Gak lama nunggu, kereta datang. Sempet tidur bentar di dalam kereta. Sampe di stasiun Duri saya berpisah dengan teman2. Saya menuju Kota dan yang lain menuju Sudirman dan Depok Lama.

Ya ampun kereta yang ke Kota lama banget datangnya. Bahkan setelah kereta teman2 saya berangkat, kereta saya belum muncul juga. Mana panas dan gak kebagian bangku lagi. Akhirnya kereta yang ditunggu datang juga. Tapi... gak sampe Kota harus turun di Kampung Bandan trus nyambung kereta laen ke Kota. Ya ampun... Mana penuh dan gak dapet tempat duduk.

Sampe di Kampung Bandan, dibilang kereta yang ke Kota ada di jalur 3 etapi kog saya cuma liat jalur 1 dan jalur 2. Jalur 3 nya mana ya? Ternyata harus naek dulu karena beda jalur. Naek turun bawa pepaya berat lagi eh pake salah turun tangga! Agak setengah lari terkepot2 karena pas diatas ada pengumamam kereta yang ke kota sudah masuk stasiun. Wah... kalo ditinggal pasti lama lagi nunggunya.

Hahaha... ternyata itu kereta ngetem lumayan lama di Kampung Bandan. Nyesel tadi agak lari2. Lamaan nunggu kereta jalan daripada jarak tempuh ke stasiun Kota. Nyampe di stasiun Kota langsung antri untuk nukerin kartu dan dapat Rp 5.000,-. Ebuset itu yang antri beli tiket kereta komuter panjang bener ya. Gw mah gak sabar deh. Untungnya untuk loket refund kartu gak terlalu panjang, Kalo antriannya seperti yang mau beli tiket gitu sih mending ditinggal aja.

Berakhir sudah jalan2 ke Tangerang hari ini. For sure, lain kali gak akan nolak kalo ada yang ngajak ke Tangerang lagi :P

Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria
Jl. Soleh Ali No 90, Kapling, Tangerang
Telepon: 552 1049

Kawasan Kuliner Laksa Tangerang
Jl. Raya Moh. Yamin, Tangerang (samping LP Wanita)


No comments:

Post a Comment