Pages

Sunday, November 25, 2012

Blind Travel 2 - Hari Kedua

Kamis, 15 November 2012
Jkarta - Lampung

Tengah malem ngider Karawaci, pake truk pula. Hadeuh... biasanya gw & temen2 ke Karawaci buat ngopi leyeh2 di kedai kopi eh ini keluyuran pake truk.

Dengan truk kedua ini kami turun di seberang Mall Tang City. Sumpah... gw gak tau di daerah manakah tempat ini berada. Cukup sulit mendapatkan tumpungan berikutnya. Sepi dan jarang truk berseliweran. Akhirnya ada pick up yang bersedia di tumpangi sampai daerah Bitung. Lumayan deh, manjatnya gak terlalu tinggi :D. Ternyata sopirnya malah nganterin kita ngelewatin tempat dia. Secara rada miskom gitu, dia cuma minta dibeliin 1 bungkus rokok. Okeh deh, kali ini keluar duit Rp 12ribu dibagi 9 orang.

Dari Bitung ke Serang nunggu tebengan lama banget. Bis pun jarang dan ongkosnya lumayan mahal. Sempet disamperin polisi yang lagi nyamar dan ngira kita lagi “jualan”. Gila apa, mana ada orang “jualan” tampangnya kucel & bawa backpack.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya kami mendapat tumpangan pick up sampai Serang. Dari sana menuju masjid An Nur di samping RS Sari Asih Serang untuk sejenak beristirahat dan menunggu adzan Subuh.

Dari Serang sepertinya tidak ada kendaraan yg dapat ditebengin pun langit semakin terang. Akhirnya naik bis sampai Merak dan harus mengeluarkan Rp 5ribu/orang.

Ah... akhirnya sampe Merak juga. Ini kali kedua gw menginjakkan kakai di pelabuhan Merak. Sebelumnya pernah kesini waktu mau berkunjung ke Krakatau.

Di Merak, dengan berat hari ketiga group ini harus berpisah (beneran!) untuk mencari tebengan yang akan mengantar sampai Bakauheni. Kali strategi yang dipakai adalah kita cobe nitching dengan mobil pribadi. Dengan pertimbangan kalo mobil pribadi kan prioritas masuk ferry jadi ngantrinya gak terlalu lama. Kecuali kalo gak ada mobil pribadi yang mau ngangkut kami, barulah kita beralih ke truk (lagi!) :P.

Akhirnya kami bertemu dengan Iqbal, Rizky & Kabay dengan Avanza hitamnya yang bersedia kami tebengin. Dapet mobil tumpangan trus dapet ferry yang bagus dengan ruang tunggu yang ber AC dan listrik charging yang gratis. Alhamdulillah… Atas kepiawaian Rikky ngobrol2 sama Iqbal akhirnya Iqbal dkk bersedia mengantar kami sampai lapangan Saburai. Thanks for that, mate…

Gw akhirnya tau yang namanya kota Bandar Lampung yang oleh warga lokal leboh dikenal dengan nama Tanjung Karang. dengan jalan yang menanjak & menurun. Juga tau Siger (mahkota di kepala) menjadi simbol Provinsi Lampung ini. Dimana2 terdapat Siger seperti di bunderan, depan gedung dll.

Ternyata gak gampang nyari yang namanya lapangan Saburai, sempet nyasar2 juga yg bikin gak enak hati. Secara udah nebeng dan dianterin plus pake nyasar pula. Sebetulnya group gw udah sepakat, kalo sampe gak ketemu juga, biar deh kita turun di jalan. Tapi Iqbal dkk mau mencoba untuk antar kami ke Saburai.

Akhirnya nyampe juga di lapangan Saburai sekitar jam 13.00 dg matahari lagi lucu2nya alias terik banget.

Dan ternyata, Team 2 adalah team pertama yang sampai di lapangan Saburai. Padahal sebelumnya kami kira kami adalah team terakhir yang sampai karena sudah jauh melebihi jam yang ditetapkan. Padahal dari berita yang kami terima griup lain berada cukup jauh di depan kali, bahkan ada yang dapat tumpangan yang nyaman, mobil gress dari showroom yang akan diantar ke Lampung. Siriiikkk...

Setelah makan siang dan bersih2, kami mengambil undian untuk menuju destinasi berikutnya. Kami harus mencari air panas Sukaraja yang entah ada dimana tempat itu. Sementara tujuan lain yang diundi adalah Goa Matu, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Batu Brak, Pulau Tangkil dan Gunung Pesagi.

Kembali kami di beri uang saku sebesar Rp 80ribu/orang. Dengan uang sebesar itu, saya pribadi sudah menebak2 tempat tersebut berada jauh dan transportasinya akan sulit.
Hal pertama yang kami lakukan adalah menanyakan kepada polisi yang kebetulan banyak berada di sekitar GOR Saburai. Kebetulan di Saburai sedang berlangsung berbagai acara, sehingga cukup ramai. Informasi dari Pak Polisi, tempat tersebut memang jauh dan tidak ada kendaraan yang langsung menuju kesana. Ternyata hanya sedikit warga lokal yang mengetahui lokasi air panas Sukaraja.

Pertama yang harus dilakukan adalah mencari halte BRT (Bus Rapid Trans) semacam Trans Jakarta-nya Lampung yang menuju terminal Kemiling. Eh sempet kita ngadem loh di Central Plaza Lampung dan senangnya ketemu counter-nya si Ronald belang2 (you know what it is lah…). Lumayan... berada ada di kota. Hihihi...

Sebetulnya niat awalnya sih mau nge hitching untuk menghemat tapi kog ya susah banget dapet tumpangan. Sampai di Kemiling, agak bingung untuk melanjutkan ke Sukaraja secara gak ada kendaraan yang langsung menuju kesana. Akhirnya naik angkot menuju terminal Rajabasa. Disini kami coba mencari angkutan yang menuju Sukaraja atau sukur2 bisa nge hitching. Udah mondar mandir gak dapet juga tuh kendaraan. 

Kami bertemu Denny yang seorang pengusaha member Kaskus dan temannya (?) yang anggota mapala UNLA. Malah Denny menawarkan bantuan donasi kepada kami, berupa uang Rp 50ribu/orang. Juga menawarkan mampir ke peternakan luwak miliknya jika kami sempat/ada waktu. Denny juga menyarankan agar kami naik travel saja ke Sukaraja. Terharu deh, ternyata masih ada orang yang bersimpati sama kami para pengelana. 

Ternyata bis yang menuju Sukaraja sudah tidak ada. Pelajaran dari berkeliling di terminal, jangan nanya arah sama tukang ojek. Yang ada malah dipingpong kesana kemari kagak jelas.

Setelah nego harga dengan calo travel di terminal Rajabasa akhirnya sepakat harga yang diberikan adalah Rp 60ribu/orang sampai ke Sukaraja.

Ternyata travel baru berangkat jam 8 malam dari pool-nya sementara itu baru jam 18.00. Akhirnya pesen mie instant rebus dengan telur dan cabe rawit. Aih… nikmatnya. Agak2 bete juga sama sopir travelnya. Ternyata setelah jemput para penumpang lainnya, mobil travel balik ke poolnya lagi entah untuk apa. Baru sekitar jam 10 malem mobil benar2 pergi menuju Sukaraja. Udah gitu nyupirnya gak beres, si sopir cuma tau pedal gas dan rem.

No comments:

Post a Comment