Pages

Tuesday, October 8, 2013

5 Cities 4 Countries in 11 Days - Day 1 (Bangkok)

Jumat, 30 Agustus 2013
  1. Air Asia IDR 1.439.000
  2. Don Mueang: Bus line 59 to Khao San atau Don Mueang: Bus line 504 to Sathorn/Saphan Taksin
  3. Sophan Taksin Station (BTS) – Chao Phraya Tourist Boat (THB 150 – 1 day pass)
  4. Fortville Guesthouse (9, Phrasumen Road) - IDR 738,173.00 --> Roti Mataba, Coffe & More, Ricky’s Coffeeshop, Saffron (carrot cake)
  5. Grand Palace & Wat Phra Kaeo THB 500 08.30 – 15.30; 10.00 & 12.00 pergantian penjaga; 10.00, 10.30, 13.30, 14.00 free guide
  6. Vimanmek Mansion THB 100 09.30 – 15.00 Thai dancing 10.30 & 14.00
  7. Wat Po (reclining Buddha) THB 100 08.30 – 18.00
  8. Wat Arun (temple of dawn-bagusnya sore) THB 20 07.30 – 17.30
  9. Royal Barge National Museum THB 30 09.00 – 17.00
  10. Asiatique (Saphan Taksin pier)

03.45 dari rumah menuju Gambir untuk naik Damri ke bandara. Pake taxi abal2, biasa deh kalo meleng dikit langsung dibelokin ke jalan yg rada jauh. Resiko.

Kali ini gak terlalu terbirit2. Berangkat sih jam 07.25. Oiya, ternyata mushalla di T3 lebih oke yg di lantai dasar. Lebih luas. Kalo yg di ruang tungu boarding sempit. Berasa banget kalo penerbangan pagi. Antrian shalat subuh panjang banget.

Pesawat delay 35 menit. Wah… artinya itinerary terancam berantakan nih. Bete juga pas denger pengumuman terlambat 35 menit. Waktu tuh dangat berharga loh buat pejalan. 

Naaahhh… di imigrasi Thailand harus ngisi kartu imigrasi. Saya pikir kayak di HCMC yang bebas melenggang ke imigrasi. Salah deh. Selesai di imigrasi DMK langsung nyari bus yg ke kota. Dimulai deh petualangan blusukan dengan menggunakan bahasa Engress campur bahasa jari alias nunjuk2 lokasi di peta :P. Dari bandara ada bus yg menuju Mo Chit.

Perhatiin deh, kondekturnya ngider narik duit ongkos pake benda yg unik. Kayak kencrengan pengamen gitu. Bentuknya kayak tube dari kaleng. Ternyata isinya uang logam & lembaran tiket bis yang nantinya dipotong pake kencrengan itu.

Naik bus dari bandara sampai Mo Chit terus ganti pake BTS (monorail). Terbantu dengan peta MRT, BTS (monorail) bahkan express boat. Jadi tinggal tunjuk aja kita mau kemana. Oiya, di Bangkok ini juga sama kayak Jakarta, pada jam2 sibuk, jalanan macet luar biasa. Tapi warga Bangkok kan punya alternative moda transportasi umum. Kalaupun dari rumah mereka menggunakan mobil pribadi, pemerintah menyediakan tempat parkir yang cukup luar di beberapa tempat yang dekat dengan stasiun MRT dan monorel sehingga warga dapat memarkir kendaraan mereka dan ganti dengan transportasi umum untuk menuju tempat kerja atau tempat beraktivitas lainnya.

Sampai di Saphan Taksin langsung ke arah central pier mau coba naek Chao Phraya Tourist boat seharga 150 THB/orang bisa naik turun boat seharian sampe tutup. Kerennya, ini boat karena diperuntukan untuk turis (walaupun orang lain juga boleh naik dengan tiket yang lebih mahal dari express boat angkutan umum) jadi ada guide yang nerangin bangunan2 yang ada di kiri kanan sepanjang sungai Chao Phraya. Banyak hotel bintang 4 keatas di sepanjang sungai ini, seperti The Peninsula, Mandarin Oriental, Lebua, Sheraton Royal Orchid dll. Dan uniknya beberapa dari hotel tersebut menyediakan boat khusus yang disediakan untuk tamu2 hotel tersebut menyusuri sungai Chao Phraya.

Lewatin juga Wat Arun. Tapi kalo mo ke Wat Arun, kudu nyebrang pake ferry (THB 2) karena gak searah sama dermaga express boat. Cuma 1 kali tourist boat ini mampir ke dermaga yg posisinya berseberangan itu pun karena di dermaga ini ada rumah sakit.

Akhirnya sampai di dermaga terakhir dari tourist express boat yaitu Phra Arthit yang juga memang dermaga terdekat ke penginapan kita.

Aneh nih alamat penginepan, kog gak ada yg tau yah. Padahal saya sudah tunjukin tuh alamatnya yg lengkap pake tulisan Thai plus pake nanya benteng Phra Sumen.
Nanya sama orang cakep banget yg ternyata waria eh dia juga gak tau malah nunjukin tempat yg jauh. Ternyata pada akhirnya penginapan saya itu persis di sebrang bencong yg tadi saya tanya. Aaarrrggghhh… 



Itu penginepan lumayan strategis loh. Banyak bis umum yang berseliweran trus ada 2 convenience store 7-11; satu disamping (barengan sama lokasi pom bensin) dan lainnya pas di sebrang GH. Pas check ini saya minta kamar di lantai terbawah. Etapi jangan sedih, ini GH ada lif-nya loh walopun cuma beroperasi dari jam 08.00 sampai 23.00.


Eh udah gitu ini penginepan deket ke pasar Banglumpoo. Yah pasar tradisional gitu deh.


Dapat voucher free WiFi untuk 3 hari @2 jam. Lumayanlah… Oiya, kita kudu kasih duit 500 THB sebagai key deposit. Jadi itu duit untuk ngeganti kalo kunci kamar kalau hilang/rusak. Tapi kalau pas kita check out itu kunci dikembaliin utuh tanpa cacat, uang 500 THB akan dikembalikan ke kita. 

Sebentar saya keluar untuk membeli air minum di 7-11 depan penginepan. Eh ternyata saya dapat kupon THB 2 untuk belanja berikutnya. Lumayan...


Kayaknya Ayutthaya kudu di skip deh secara hari ini gak mungkin ke GP dan sekitarnya dan sudah gak ada waktu lagi untuk ke Ayutthaya, karena kalo kesana paling gak akan menghabisnya ½ hari malah lebih. Saya lebih nyeselnya karena gagal nyoba naik kereta ekonomi ala Thailand. Sampai penginepan makan siang dulu, beres2 sebentar trus pergi lagi.


Grand Palace sudah tutup jadi jalan2 santai aja, manfaatin tiket Chao Phraya Tourist boat. Survey ke Grand Palace biar besok gak nyasar. Di pier menuju GP banyak yg jual makanan loh. Banyak juga penjual makanan dengam menu semacam warteg. Ada juga yang jual aneka manisan termasuk kurma! Di sekitar GP ini karena daerah turis jajanan apaun harganya jadi mehong. Jadi males nawar untuk beli jagung rebus atau buah2an. 

Waktu jalan balik ke pier kita beli nasi dulu buat makan malam nanti. Beneran deh, itu makanan yang dijual sangat2 bikin ngiler. Aneka olahan sayur dan ikan. Tapi kata Ibu saya, hati2 ntar pake minyak bebong. Kagak jadi beli deh. 


Duuuhhh… udah mulai gerimis nih. Ujan lumayan deras pas kita udah ada di dalam express boat menuju Central Pier.

Dari Central Pier ada shuttle boat untuk ke Asiatique. Konon kabarnya ini tempat kongkow & belanja yang lagi nge HITZ :D. Ngantri lumayan panjang di Sathorn pier untuk naik shuttle boat ke Asiatique. Untung ujannya sudah berenti. 

Eh ternyata ya bo… Asiatique ini baru buka jam 6an sore sampe tengah malem. Emang sih lebih keren pemandangan pas malem. Kincir ria (ferris wheel) raksasa (kayak Singapore flyers gitu) dengan lampu2nya yang menambah keren.




Di Asiatique isinya butik2 kecil, aneka resto dengan macam2 menu, kincir ria  dan juga ada pertunjukkan Lady Boy; Calypso. Saya mah gak tertarik, mehong juga harganya.


Sekitar jam 8 malam kita balik ke penginepan dan syukur alhamdulillah ada express boat yang langsung dari Asiatique menuju Phra Arthit pier jadi gak perlu ganti di Sathorn pier.


Channel TV di guest house ini lumayan bervariasi. Bisa nonton film dulu sebelum tidur.


Karena pesawat delay, itinerary hari ini jadi berantakan. Nah itinerary-nya jadi:

  1. Air Asia IDR 1.439.000
  2. Don Mueang: Bus line 59 to Khao San atau Don Mueang: Bus line 504 to Sathorn/Saphan Taksin
  3. Sophan Taksin Station (BTS) – Chao Phraya Tourist Boat (THB 150 – 1 day pass)
  4. Fortville Guesthouse (9, Phrasumen Road) - IDR 738,173.00 --> Roti Mataba, Coffe & More, Ricky’s Coffeeshop, Saffron (carrot cake) --> gak kesampean jajan makanan ini
  5. Grand Palace - cuma survey lokasi :P
  6. Asiatique (Saphan Taksin pier)





No comments:

Post a Comment