Pages

Tuesday, October 8, 2013

5 Cities 4 Countries in 11 Days

Sekarang saya mau cerita perjalanan terlama selama saya kenal dunia plesiran. Gak cuma terlama karena dalam perjalanan ini saya bersama Ibu saya juga melintasi perbatasan negara lewat jalan darat. Hmmm... udah kebayang serunya deh.


Etapi gak juga ngebayangin serunya doang loh. Tapi juga sudah ngebayangin segala kebingungan dan keribetan. saya berdua emak saya akan melintasi Bangkok, Phnom Penh, Siem Reap, Ho Chi Minh City dan terakhir Singapur untuk kembali ke Jakarta.

Kegilaan dimulai ketika maskapai LCC berwarna merah mengadakan tiket promo. Karena emang sudah bermimpi mau melintas sebagian Indo China, maka dibeli deh tiket promo Jakarta - Bangkok dan Ho Chi Minh - Jakarta. 

Loh kog berangkat sama pulang beda? Ya iyalah. kalo mau efisiensi waktu, itu adalah rute dipilih. Eh bisa aja sih sebaliknya; berangkata Jakarta - HCMC pulangnya Bangkok - Jakarta. Tapi secara taun kemaren saya sudah ke HCMC jadi tahun ini tujuan utama ke Bangkok. HCMC itu cuma transit dari Phnom Penh. 

Tau gak sih, begitu saya buka file di komputer, ternyata mimpi saya ke angkor Wat itu sudah ada sejak tahun 2011! Jadi saya sudah punya itinerary BKK - PNH - REP secara garis besar. Tuh... kan saya pernah bilang, punya mimpi untuk pergi ke suatu tempat jadi pas ada kesempatan langsung wujudkan.

Karena saya sudah punya itinerary kasar, jadi bisa mengira2 berapa hari yang saya butuhkan. Dengan begitu saya juga bisa beli tiket pesawat pp dengan tanggal yang sesuai dengan itinerary yang sudah dibuat.

Tiket udah dibeli. Tinggal menyempurnakan itinerary dan bikin budget deh.BKK, HCMC dan SIN mungkin gak terlalu ribet tapi... PNH dan REP ini loh yang bikin pusing. Dari hasil browsing kedua kota ini menggunakan 2 mata uang USD dan KHR (Khmer Riel) kemudian tidak ada kendaraan umum, moda transportasi hanya ada 2 yaitu sewa mobil dan pake tuktuk yang harus ditawar. Eh ada alternatif lain lagi deh, sewa sepeda atau naik ojeg. Udah gitu banyak scam di kota2 ini.

Eh ternyata beberapa bulan setelah saya beli tiket, si maskapai ini membatalkan rute CGK-SGN pp yang berarti tiket pulang saya dari HCMC ke Jakarta juga di cancel. Waduh... kudu cari penerbangan lain nih. Masa' saya punya tiket berangkat eh pulangnya gak ada.

Dari Phnom Penh tidak ada penerbangan langsung ke Jakarta. Cuma ada ke Kuala Lumpur atau Singapur dan harga tiketnya lumayan mehong. Akhirnya saya putuskan untuk beli tiket pesawat SGN - Singapur dan Singapur - Jakarta. Memang sih, budgetnya jadi berubah lebih besar. Tapi saya bisa ngopi2 di Trung Nguyen coffee HCMC dulu nih :D


Semula saya yakin mau ke Kamboja jadi agak ciut ketika teman saya yang berdomisili di Phnom Penh bilang kalo saya ini nekat untuk pergi kesana hanya berdua, perempuan semua lagi.


Peta kota dan trasnportasi umum (MRT, Monorail dan bus air) di kota Bangkok sudah saya cetak yang sumbernya dari internet. Begitu juga peta kota Siem Reap dan Phnom Penh. Untuk peta Ho Chi Minh bisa saya bawa dari kunjungan saya kesana tahun sebelumnya. Untuk Singapore? Udah cetak juga peta transportasi umum; MRT.

Tapi manakala tiket pesawat, voucher kamar dan beberapa tiket museum sudah dipegang ketakutan itu bisa ditekan. Lagian kalo sudah begitu, kan gak mungkin mundur lagi.


Parahnya, beberapa minggu sebelum keberangkatan, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat terpuruk. 1 USD > Rp 11.000 dan 1 SGD = Rp 9.200. Untungnya saya sudah nyicil beli USD dan SGD beberapa bulan sebelumnya. Kalau mendadak persiapannya, hadeuh... gak sanggup deh. Ganti judulnya bukan traveling murah lagi :P. Tapi walaupun budget sudah dipersiapan jauh sebelumnya, saya kog merasa sayang yah kalo harus membelanjakan USD dan SGD :(

Postingan berikut ini adalah pengalaman2 ketika plesiran ke negara2 yang sudah disebut diatas.

No comments:

Post a Comment