Pages

Wednesday, October 9, 2013

5 Cities 4 Countries in 11 Days - Day 2 (Bangkok)

Sabtu, 31 Agustus 2013
  1. Ayutthaya (1 day) THB 200. Berangkat dg minivan di Victory Monument THB 70, pulang dg kereta 3rd Class THB 20
  2. The Terminal 21 Mall (BTS Asok/MRT Sukhumvit)
  3. Agalico Tea Garden (BTS Thong Lor)
  4. Siam Niramit Show THB 1,500 20.00 (MRT Thailand Cultural Center), Alex Holiday (THB 990) ada free shuttle bus dari MRT
Grand Palace

Pagi2 bangun tidur langsung survey nomer bis apa aja yang lewat di depan hotel dan sekitarnya. Lift belom beroperasi terpaksa turun lewat tanggak yang ternyata gak tinggi2 amat. Wuih… banyak juga bis yang lewat ke berbagai tujuan. Ini hotel cukup strategis tuh. 

07.30 siap2 mau ke Grand Palace. Kali ini pake bis umum karena express boat baru mulai operasi jam 9 pagi. Naik bis dari pasar Banglumpoo. Ternyata gak seberapa jauh tuh dari guest house. Grand Palace belom buka. Dan karena sedang ada kunjungan dari Raja Malaysia, maka di depan Grand Palace dipasang bendera Malaysia dan foto raja dan Ratu Malaysia. Bisa foto sama tentara penjaga istana di depan gerbang. Emang enaknya sih ada guide tapi free guide baru ada jam 10.00 Ternyata istananya  tutup di akhir pekan, tapi masih bisa ke liat2 bangunan yg lain. Jujur aja, kalo tanpa guide jadi bingung mau mulai dari mana, dan bangunan2 yang ada apa namanya dan gunanya untuk apa. Juga kalo ada waktu, bisa liat pergantian penjaga di Grand Palace ini.



Ikon dari Grand Palace ya stupa emas itu dan bangunan2 lainnya yang terbuat dari emas dan perak. Di salah satu sudut, ada miniatur dari angkor Wat. Okeh... besok2 kita akan ke angkor Wat beneran tuh.

Oiya, tiket masuk seharga 500 THB itu bisa dipake masuk ke beberapa tempat lainnya loh. Termasuk ke museum tekstil Ratu Sirikit yang ada di dalam kompleks GP, isinya koleksi baju2 Ratu Sirikit. Keren2 bo...

Sempat mampir di toko suvenir sebelum keluar dari Grand Palace. Ya ampun... koleksi sutera Thailand yang di jual disana cantik2 banget! Saya bilang nih, itu kain bisa dijahit jadi kebaya modern dipakai dengan kain atau sarung batik. Wuih... pasti ciamik!
Ananta Samakhom Throne Hall

Dari situ lanjut ke Ananta Samakhom Throne Hall. Oh… ternyata beda lokasi, dan lumayan jauh. Kalo jalan kaki bisa mengakibatkan gempor :D. Tanya2 sama orang sekitar, ada bis ke arah sana. Ya udin, segera menuju halte yang dilewatin itu bis. Eh ini kenapa yah, bisnya gratis? Padahal saya sudah menyiapkan duit buat ongkos loh. Beneran ke Ananta Samakhom Throne Hall itu emang lumayan jauh. Trus lokasinya rada2 sepi gitu. Pintu masuk ada dua, kita masuk lewat pintu yang deket Bangkok Zoo. Kayaknya Ratu Thailand ini juga termasuk orang yang berpengaruh negara ini. Terlihat di jalan protokol dan kantor2 pemerintah terpasang foto Ratu.

Raja Thailand juga sangat memperhatian bidang pertanian. Gak heran kalau beras Thailand dan segala macam buah2an dari Thailand sangat dikenal di dunia.

Weits… kita gak bisa masuk! Untuk masuk ke ASTH, pengunjung wanita harus memakai rok yang sopan, gak boleh mini. Paling pendek selutut. Waduh… masa’ udah jauh2 nyampe sini trus gak jadi masuk cuma gara2 kita pake celana panjang. Tapi jangan sedih… bisa masuk asal beli kain/sarung yang dijual di loket penjualan/penukaran tiket. Gak ada penyewaan kain, kudu beli! Untungnya gak mahal2 amat THB 50/sarung. Tapi itu sarung lumayan tebel. Yaelah… saya kan lagi menghemat barang bawaan. Eh sarung2 yang dijual itu warnanya bagus2 loh. Saya aja sampe bingung milihnya. Ada petugas yang bantu makein kain itu ke kita. Lucunya, itu kain gak cukup untuk dililitin ke badan si Mama gegara perutnya yang ehm…

Disediakan loker untuk menyimpan tas atau barang bawaan lainnya. Jadi, masuk ke dalam Ananta Samakhom Throne Hall tidak boleh membawa apapun. Dan di depan pintu masuk, masing2 pengunjung harus melewati pemeriksaan badan. Selesai pemeriksaan ini, pengunjung akan ditawarkan free peminjaman headset audio tour guide. Tapi pilihan bahasanya hanya dua; Inggris atau Thai.

Jadi ASTH itu tempat dipamerin replika barang2 kerajaan dalam ukuran yang lebih kecil tapi semuanya terbuat dari emas! Hadeuh…. kaya bener ya sampe tas pesta pun ada yang terbuat dari emas dan perak serta bertabur batu permata. Dengan bantuan alat ini, pengunjung jadi tau barang2 yang dipamerkan itu dibuatnya dimana, kapan dan fungsinya. Sangat membantu! Audio headset guide dikembalikan di pintu keluar ASTH.





Setelah puas berkeliling ASTH, kita mau lanjut ke Mall Terminal 21 di Sukhumvit. Coba nawar taxi di deket pintu masuk Bangkok Zoo tapi ke Sukhumvit gak mau pake argo & maunya lewat tol. Ya udah nunggu bis deh yang datengnya lumayan lama. Bis yg lewat Vimanmek Mansion cuma 1, yaitu bis no 70. Akhirnya itu bis dateng juga. Minta tolong sama kondektur bis kasih tau harus turun dimana & ganti bis nomer brapa untuk ke Sukhumvit. Nah, pas ganti bis ini, lagi2 kita naik bis yang gratisan. Eh gimana taunya yah bis yang gratisan itu? Kan lumayan tuh bisa saving duit. Hihihi...

Eh ada kejadian unik pas kita naik bis. Secara liat bangku kosong, refleks saya nyuruh Mama duduk eh gak taunya Ibu2 dibelakang ribut ngelarang. Ada apa ya? Oh... ternyata yang duduk disebelah Mama tuh seorang Bhiksu. Dan gak boleh ada perempuan yang duduk di sebelahnya. Pantesan itu bangku dikosongin sementara gw liat beberpa orang berdiri. Ya maap aja deh. Hihihi...


Oiya, saya perhatikan, di Bangkok ini sebusuk2 bis umum, artinya kondisi di dalamnya udah gak mulus dan tanpa AC tapi pintunya selalu tertutup saat jalan. Kalo di Jakarta kan cuma Trans Jakarta aja tuh pintunya selalu nutup. Sementara bis umum yang lain? Malah sampe penumpangnya luber2.

Tujuan berikutnya adalah mall Terminal 21. Macet gila nih jalan kesono. Kayaknya kalo ke Bangkok jauh lebih baik naik monorail atau MRT atau bis air deh. Secara jalan raya tuh macetnya 11-12 deh sama Jakarta.

Lewatin daerah Pratunam yang banyak mall nya dan semua penuh sama orang. Ada Central World Plaza, Platinum Fashion Mall, ada juga mall khusus elektronik semacam Glodok gitu. Ogah banget deh saya ke mall yang ramenya kayak gitu. Pusing liat orang aja tuh.  

Terminal 21 Mall

Terminal 21 tuh mall yg keren euy. Konsepnya kaya tiap lantai punya tema berupa negara2 yg berbeda dan seperti di bandara. Eskalator untuk naik disebut departure sementara yang turun disebut arrival.tiap lantai bertema negara yang berbeda2 disesuaikan dengan dekorasi dan seragam housekeeper & cleaning service-nya.

Eh toilet-nya pun berbeda tema tiap lantainya. Ada yang bertema kapal/perahu dilenkapi dengan cleaning service berseragam sailor, ada pula yang bertema bakery, yang cleaning service-nya berseragam dengan apron dan tutup kepala kayak di bakery. Hihihi... norak yah kita.

aneka restoran ada di lantai 5 mall ini tapi di basement ada juga beberapa gerai makanan dan... di tengah2nya khusus aneka jualan makanan ringan dan manisan. Duuuhhh... keliatannya endeus semua tuh.

Agalico Tea Rooms & Gardens

Dari situ saya pengen banget ngupi2 atau ngeteh di Agalico tea rooms & gardens naik BTS dan turun di Thonglor. Lagi2 banyak yang gak tau tempat ini. Untungnya saya bawa alamat lengkap dari tempat ini. Bukan di jalan raya utama dan agak masuk ke dalam. Ya Tuhan... pantes aja gak ada yang tau. letaknya kayak di ruko gitu, tapi satpam-nya hebat deh. Belum juga saya bertanya, dia udah bilang "Agalico is here"! Nampaknya kalo tampang bingung ke daerah situ pasti mau ke Agalico.

Ini tempat leyeh2 saya perhatiin yang dateng kesitu untuk warga lokal, berpakaian keren2. Keliatan deh kalo yang pake baju seadanya itu bisa dipastikan turis. Cafe nya sendiri gak terlalu luas, ada bagian luar yang gak kalah ciamik. Harga cemilan dan minuman di tempat ini gak terlalu mahal. Tapi suasananya asik. Tamu yang dateng gak sampe antri tapi turn over-nya tinggi alis banyak yang pergi dan datang. Pokoke kalo ke Bangkok kudu ke Agalico!


Oiya, disini gw sempat dikira orang Thai yang kata orang itu tampang saya kayak orang Thai. Ah maca cih... Lah lagian dari tadi saya ngobrol berdua sama Mama dengan bahasa Indonesia dan kalo ditanya sama orang lain pake bahasa Enggres. 

Dari Agalico kita naek BTS sampe ke central pier. Nah kali ini nyobain naek express boat yang memang diperuntukkan sebagai transportasi umum. Mureee nih, cuma 15 THB. Ebuset ngebut bo… semua serba cepat, naik atawa turun express boat. Boro2 ada guide yang nerangin tempat2 di sepanjang rute. Udah gitu mampir ke pier2 yang kecil untuk naik/nurunin penumpang. Oiya, keliatan tadi di Central Pier yang ngantri boat ke Asiatique udah mengular panjang. Mungkin karena hari Sabtu dan cuaca cerah kali ye...

Siam Niramit Cultural Show

Balik hotel bersih2 trus ke siam Niramit. Hmmm... bakalan telat nih sampe ke pertunjukkan Siam Niramit. Mana express boatnya lama lagi datengnya. Tambah senewen deh.
Salah turun pier, terpaksa naek lagi & pas dapet express boat yg Chao Phraya Tourist. Mehong… cuma ke 1 pier kudu bayar THB 40! Ternyata jauh bo dari pier ke stasiun Hualamphong. Blusukan gak keruan, sampe diwanti2 pas nanya di toko obat jalan kesono gelap dan sepi, kamu harus hati2. Waduh... gimana ini. Tapi saya gak kasih tau si mama. Bisa2 dia panik lagi. Begitu juga setelah turun MRT di Thailand Cultural Center itu tempat pertunjukkan jauhnya ampun2. Sehat bener deh malem ini jalan jauh banget! Telat ½ jam nonton Siam Niramit.

Tata panggung pertunjukkan ini emang keren banget deh. Spektakuler gitu. Ada adegan dimana salah satu penonton diajak ke panggung dan dikasih peran. Trus ada gajah dan kambing (aslik loh) yang menjadi bintang panggung. Uniknya, saat akan menuju panggung, hewan2 ini akan melewati selasar di tempat duduk penonton. Seru! Juga ada adegan para pemain berperan sebagai peri melayang2 dengan tali sling. Gak heran deh tata panggung Siam Niramit ini masuk kedalam Guinness Book of Record!

Sayang gak ada buku sinopsis untuk pertunjukkan ini. Kalau pertunjukkan Wayang Air ala Vietnam di Ho Chi Minh City, setiap penonton diberi leaflet yang berisi sinopsis cerita untuk setiap scene-nya.

Tapi jangan sedih jangan kecewa, kita masih bisa mengerti cerita di setiap scene di Siam Nitamit ini kog. Sinopsis cerita muncul di awal setiap scene dalam bentuk tulisan di layar dalam beberapa bahasa seperti Inggris, Mandarin dan lain2 (lupa berapa bahasa!)

Siam Niramit ini menceritakan kehidupan sehari2 manusia di pedesaan, perbuatan manusia selama di dunia dan ganjaran/imbalan atas perbuatan mereka. Seperti, jika di dunia, manusia merokok makan di alam akhir akan dibakar - dihidupkan kembali - dibakar lagi; begitu berulang2. Demikian juga kalau manusi suka minum minuman beralkohol selama di dunia di alam sana diceritakan juga ganjarannya.

Oiya, kamera dilarang dibawa ke dalam ruang pertunjukkan. Untuk itu disediakan loker untuk penyimpanan. Dan bukti penyimpanan yang dipegang oleh kita dibedakan beberapa warna. Ini untuk mengurangi rush saat akan mengambil kembali kamera yang dititipkan. Jadi kalo dapet kartu warna merah, kamera ditempatkan di loker warna merah dan nanti saat mengambil harus antri di loket warna merah.

Saya kualat gak dengerin kata Mama. Dia bilang waktu kita sempit, mending langsung aja ke tempat pertunjukan Siam Niramit. Tapi saya keukeuh pengen balik ke penginepan dulu buat bersih2. Ingat2 jangan coba2 ngebantah apa yang dibilang orang tua. *wink

Pulangnya pake shuttle gretong sampe MRT Thailand Cultural Center. Turun di Hualamphong lanjut naek bis.
Lewati Pak Klong Talad flower market; pasar bunga terbesar di Bangkok. Semacam Rawa Belong gitu. Ruameee banget. Lokasi pasar bunga ini daerah pecinan deket sama Wat Po. Ini nih yang bikin saya suka banget pake transportasi umum terlebih bis. Karena dengan rute blusukan kita bisa city tour gak sengaja :D.


Asiknya itu dari Hualampong ada bis yang cuma sekali terus nyampe depan penginepan loh. Emang sih gak bisa turun di depan penginepan tapi deket lah. Eh jangan salah, di sepanjang jalan menuju penginepan itu bar dan resto penuh loh. Karena malem Minggu kali ya.

Nah, karena di hari pertama jadwal sudah kacau balau, maka di hari kedua pun jadwal jadi berubah menjadi:
  1. Grand Palace, Queen Sirikit Museum & Vimanmek Mansion (THB 500)
  2. The Terminal 21 Mall (BTS Asok/MRT Sukhumvit)
  3. Agalico Tea Garden (BTS Thong Lor)
  4. Siam Niramit Show THB 1,500 20.00 (MRT Thailand Cultural Center), Alex Holiday (THB 990) ada free shuttle bus dari MRT


No comments:

Post a Comment