Pages

Friday, October 11, 2013

5 Cities 4 Countries in 11 Days - Day 5 (Siem Reap)

Selasa, 3 September 2013

  1. Angkor Wat (1 day) USD 20 + USD 20 tuk2 08.00 – 15.00
  2. Tips tukang tuktuk USD 1
  3. Old Market
Pagi2 udah duduk manis di ruang tamu guest house nunggu dijemput tukang tuktuk untuk ke Angkor Wat. Sambil isi waktu iseng2 buka social media pake PC yang ada di ruang tamu GH. Gretong bo… Tau gitu semaleman saya pake deh :D. Gak lama si tukang tuktuk dateng pake kertas yg tertulis nama saya. Bayar USD 15 plus dapet 3 botol air minum dan tisu basah. Sebetulnya akan jauh lebih murah kalo kita pergi ber-empat (sesuai kapasitas tempat duduk di tuktuk) karena USD 15 itu dihitung 1 tuktuk bukan per orang.

Eh ini tuktuk pesennya via online loh. Sebetulnya yang punya website tuh Mr Lim tapi secara dia udah dibuking di hari saya mau ke Angkor Wat, dia kasih ke temennya. Gak masalah sih. Tapi hebat ya, tukang tuktuk aja sampe punya website buat promo.

Angkor Wat

Dari penginapan ke kompleks candi Angkor Wat agak jauh dengan cuaca panas yang cetar membahenol plus jalanan berdebu. Jadi jangan salah ya, Angkor Wat itu Cuma nama salah satu candi yang ada di taman arkeologi Angkor Wat yang sangat luas Di pintu masuk ke Angkor Wat ini, ada loket untuk membeli tiket masuk. Ada beberapa tiket yang dijual; tiket yang berlaku untuk 1 hari, 2 hari atau 3 hari. Harga sama untuk per hari-nya yaitu USD 20. Tiket masuk ini unik, selain tertera hari & tanggal kunjungan kita di Angkor Wat juga di print dengan foto kita pada saat membeli tiket. Jadi pose yang okeh ya :D.



Seharian keliling Angkor Wat. Candi pertama yang dikunjungi ya Angkor Wat. Oiya, candi Angkor Wat ini seperti yang tergambar di tengah bendera Kamboja. Mungkin sebaiknya ke Angkor Wat ini agak sorean kali ya. Karena gambar candi yang terbentuk di air di danau sekitarnya jadi gelap saat saya datang (back light).



Cukup luas juga candi ini. Di bagian dalam terdapat candi yang tinggi. Kudu naik tangga! Mama sih gak ikut2an naik. Oiya, pas naik tangga, pengunjung dilarang pake topi dan/atau kacamata hitam. Gile bener! Panas2 gini. Jadi yah, sekedar tips dari saya, kalo di kantor ada latihan evakuasi kebakaran/fire drill, rajin2 ikutan. Lumayan tuh melatih kaki naik turun tangga :P.

Etapi jangan salah loh, gak cuma yang muda2 aja, sempet ngeliat beberapa orang tua, bahkan lebih tua dari Mama saya, ikuta naik keatas. diatas banyak arca Budha dengan posisi menduduki ular, mirip dengan patung Buddha yang ada di Jim Thompsom House & Museum di Bangkok. Di beberapa bagian kelihatan sekelompok pengunjung dengan berpakaian seragam sedang berdoa.

Di satu tempat ada ada seorang perempuan semacam pendeta tapi bukan Bikhuni loh, sedang berdoa kemudian memberi dan mengikat gelang ke beberapa pengunjung. Pengunjung2 tersebut memberikan derma berupa uang secara sukarela. Saya gak tau apakah ini beneran atau cuma akal2an aja untuk mendapat uang. Tapi akhirnya saya ikut2an juga. Yah biar ada cerita aja :D. Eh si Bikhuni ngira saya orang Kamboja loh. Kenapa sih gak ada yang nebak saya tuh dari Indonesia?

Hmmm.... jadi semua candi2 di taman arkeologi angkor Wat ini masih belum 100% selesai direstorasi/dipugar. malah beberapa candi salam keadaan tidak berbentuk. Dalam rangka memugar candi2 di sekitar taman ini, didukung oleh Unesco yang juga dibantu oleh negara2 donor seperti Malaysia, India, Czech, Jerman, Perancis dll. Di tiap candi terpampang papan informasi negara2 yang membantu. Tapi sayangnya tidak ada papan informasi nama dari masing2 candi tersebut dan fungsinya. Jadi ya kayak berkunjung ke tempat dimana tumpukan batu 2 aja.

Kelar dari Angkor Wat menuju ke Bayon. Melewati gapura gerbang menuju Bayon. cantik banget di sini. Di kiri kanan jalan menuju gerbang berjejer patung2. Bayon candi yang terdiri dari beberapa patung Buddha dengan 4 muka. Sekali lagi si Mama gak ikut2an naik, nunggu di teras bawah aja. Pas mau pulang kog saya gak nemu jalan pas masuk tadi ya? Agak2 nyasar pas mau balik. Jadi aja deh saya jalan lumayan jauh.



Agak bete sama penjaga taman arkeologikal di Bayon, masa' dia tanya di negara saya ada gak candi seperti yang ada di Angkor Wat. Langsung saya jawab, banyak dan tersebar di berbagai propinsi di Indonesia. Menurut lo, cuma negara lo aja yang punya kompleks candi?

Eh ada yang salah kostum tuh, mau ngider candi tapi pake dress tank top dan high heels. Ribet deh. Sementara pasangannya cuek aja pake t-shirt dan celana pendek.

Dari Bayon dilanjutkan ke kunjungan ke candi2 lainnya yang saya gak tau namanya diperparah dengan gak adanya papan informasi. Sebetulnya termasuk ke terrace of the lepper king. Gak tau yah kenapa dinamain seperti itu. Dan memang sampai saat ini belum ditemukan siapa yang dimaksud lepper king.

Jujur aja, saya jadi bosen secara gak bisa menikmati keindahan candi2 itu. Sampe saya nanya ke tukang tuktuknya berapa candi lagi yang akan didatengin.

Oiya, waktu lagi jalan ke salah satu candi saya didekati oleh seorang anak yang mungkin berumur sekitar 7-8 tahun meminta donasi untuk sekolahnya. Yah semacam pengemis anak2 gitu. Etapi ya bo... bahasa Inggris-nya banjir banget! Jadi minta2nya pake bahasa Inggris.

Akhirya sampe juga ke candi terakhir yaitu Ta Phom yaitu candi yang pernah dipake shooting film Tomb Raider, dimana si Lara Croft berayun2 di dalam candi ini.

Diantar tuktuk sampai West Gate candi Ta Phrom tempat shooting Tomb Rider dan nanti akan dijemput di East Gate. rutenya begitu, karena candi ini cukup luas.

Dari gerbang menuju candi, ada sekumpulan orang2 memainkan alat musik tradisional. Mereka adalah korban ranjau darat yang diberdayakan untuk memainkan alat musik dengan harapan pengunjung memberikan donasi.


Di candi Ta Phrom ada tempat dimana saat kita menepuk dada kita, maka suaranya akan bergema. Anehnya hal ini tidak terjadi saat kita berbicara ataupun bertepuk tangan.

Dan... kunjungan ke Angkor Wat ini selesai sudah. sekitar jam 3an kita pulang dan minta diturunin di Old Market sama tukang tuktuk. Masalah timbul karena saya kehabisan uang USD 10 sementara si tukang tuktuk gak punya kembalian waktu saya kasih USD 50. Akhirnya saya tukar USD ke nominal yang lebih kecil di toko sekitar. Beneran deh, USD tuh mata uang untuk transaksi segala macam. Tuker USD pun gak susah, bisa dimana aja.

Kasih sedikit uang tips ke tukang tuktuk secara selama kita keliling Angkor Wat, beberapa kali dia tanya kita mau makan siang gak. Yah... Mama saya kan fanatik banget. Dia gak bakal bisa makan di tempat yang mayoritas non muslim. emang sih di beberapa blog saya baca, biasanya tukan tuktuk ini diajak makan saat kita makan siang di sekitar Angkor Wat.

Old Market (Phsar Chas)


Kali ini beneran muterin Old Market dan ujung2nya belanja lagi deh :D. Nambah beli krama secara setelah dihitung2 masih kurang trus si Mama kesampean juga beli celana komprang ditambah beli tempelan magnet di kulkas. Suka deh, tempelan kulkas ini menggambarkan semua mengenai Kamboja; gajah, bendera dan Angkor Wat. Eh beli blouse juga deng. Hihihi...

Pulangnya mampir lagi di Indian Gate beli nasi & minum Mango Lassi. Duuuhhh... mango lassi-nya bikin nagih nih. Segaaarrr...


Hari ini ditutup dengan leyeh2 di guest house aja. Mending ngadem, nyuci2 baju dan beres2 koper deh.


Eh pas mau tidur mati lampu! Untung bawa senter, lumayanlah biar gak nabrak2 pas jalan.

No comments:

Post a Comment