Pages

Saturday, October 12, 2013

5 Cities 4 Countries in 11 Days - Day 7 (Siem Reap - Phnom Penh)

Kamis, 5 September 2013
  1. Diamond Palace II (#29, Street 178) - USD 41.56 (IDR 428.068)
  2. Royal Palace USD 12,5
  3. Independence Monument
  4. National Museum USD 3
  5. Central market
  6. Silver Pagoda USD 6
  7. Wat Phnom (km 0 PP) USD 1
  8. Toto Ice Cream
Siem Reap

Sarapan pagi2 secara mau check out. Agak2 resah gelisah secara mobil yang jemput untuk ke pool bis telat datang. Dan bis ini emang brengsek! Saya ambil keberangkatan yang paling pagi; jam 07.30 eh baru berangkat jam 09.00. 2 perempuan di bangku sebelah udah misuh2 dan bolak balik komplen ke kantor perwakilan bus ini, secara saya lihat dia mau ngejar pesawat di Phnom Penh. Modus ini bis adalah secara penumpangnya gak penuh, jadi dia gabungin beberapa jadwal keberangkatan jadi satu kali. Akibatnya ada double seat booking. Kejadian yang saya alami, ada yang mengklaim tempat duduk saya. Tapi saya bilang saya pesan bis untuk keberangkatan yang paling pagi loh. Untung tuh bule2 ngerti dan pindah cari tempat duduk lain. Untungnya nih, bis jarang sekali berhenti untuk menurunkan/menaikkan penumpang.

Bis berhenti di Kampong Thom untuk istirahat, ada yang sarapan, ngupi2 atau sekedar ke toilet.

Saya turun karena kebelet pipis dan pas jalan menuju restoran numpang toilet saya liat pedagang aneka makanan di emperan trotoar. Ada udang, semacam belalang goreng daaannn… tarantula goreng. Beneran TARANTULA karena bentuknya masih utuh. Hitam besar gitu. Hiy…

Ibu saya yang tadinya gak mau turun pas diceritain akhirnya pengen turun pengen liat. Tapi dia nolak pas ditawarin apa mau beli tarantula goreng :D

Toilet di restoran tersebut lumayan bersih. Padahal pengen banget ngopi disana tapi takut ditinggal bus. Gak mahal juga sih USD 2 pake Illy Coffee lagi!

Phnom Penh

Bis turun di daerah Old Market (Psar Chas) Phnom Penh. Kata orang di pool bis, lumayan jauh dari situ ke penginepan kita. Pake tutuk 2 KHR yang setelah saya tawar jadi 1 KHR.

Lagi2 Tuhan mengulurkan tangannya untuk bantu kita. Lokasi penginapan sangat strategis! Deket ke Riverfront dan deket sama Warung Bali serta persis disampingnya Frangipani Royal Hotel. Itu loh hotel yang direkomendasiin sama boss saya karena yang punya tuh temen sekolahnya. Yaelah Pak, gak masuk budget saya kali. Jadi pilih di sebelahnya :P. Oiya, resto Warung Bali ini direkomendasiin sama temen saya yang kerja di Phnom Penh. Katanya makanan yang ada disana semua makahan khas Indonesia. Lumayan untuk tombo kangen :D

Eh jangan salah, ini guesthouse juga deket ke Royal Palace dan National Museum loh. Cuma selemparan batu aja, jalan kaki nyampe deh.

Seperti biasa, pas check in saya minta kamar di lantai terbawah. Ternyata kamar di lantai bawah sudah penuh jadi deh kita dapat di lantai 2. Lumayan tinggi dan tangganya sempit. Kamarnya lebih bagus daripada yang di Siem Reap dan menghadap ke jalan. Tersedia 2 botol air mineral dan ada hairdyer-nya.Tersedia minibar dengan isi aneka minuman. Salah satunya bir produksi Kamboja; Angkor Beer :D

Sebelum jalan2, booking bis dulu di respsionis. Ternyata Mekong Express gak ada yang paling pagi, jadilah kita booking yang agak siangan jam 8.30 pagi.

Juga booking tuktuk yang mau antar kita besok pagi ke penjara Tuol sleng, Russian Market & Cheung Ek (the killing fields), ongkosnya USD 20.

Riverfront

Setelah ke kamar, taro tas dan beberes sebentar, saya dan Mama keluar mau liat suasana di sekitar guest house. Wah… Riverfront sore ini lumayan rame. Banyak orang menikmati sore dengan kongkow2 di pinggir sungai. Gak lama2 disini secara udah mendung dan mulai gerimis. Waktu perjalanan balik ke guest house, kita mampir di Warung Bali. Dari beberapa pilihan menu, kita akhirnya pesan Soto Betawi untuk dibawa pulang. Sembari nunggu kita kenalan sama pemilik dari Warung Bali ini; Pak Kasimin (Pak Min) yang ternyata bukan orang Bali bahkan belom pernah ke Bali yang ternyata asalnya dari Cilacap. Karena Ibu saya pernah ikut Ayah dinas di Cilacap, jadi aja deh dia ngobrol uplek sama Pak Min.

Dari ngobrol2 dengan Pak Min, katanya mau ada demo besar terkait dengan ketidakpuasan rakyat atas hasil pemilu dan ternyata bukan tanggal 8 tapi 7 September. Berarti pas hari dimana saya dan Ibu saya berangkat ke Ho Chi Minh tuh. Apa gara2 itu jadi si Mekong Express udah full? Waduh… udah mulai panik nih. Kudu mesti harus dapet tiket bis ke Ho Chi Minh yang paling pagi!

Masih penasaran sama Toto Ice Cream nih. Sayang agak jauh dari guest house.

Itinerary-nya jadi berubah:
  1. Tuktuk dari pool bis ke guesthouse USD 1
  2. Diamond Palace II (#29, Street 178) - USD 41.56