Pages

Monday, October 14, 2013

5 Cities 4 Countries in 11 Days - Day 10 (Ho Chi Minh City - Singapore)

Minggu, 8 September 2013

Ho Chi Minh City

Pagi2 udah check out dan bergegas menuju terminal bis Ben Thanh. Engkoh di resepsionis hotel baik hati nulisin nomer bis yang menuju bandara Tan so Nhat. Menjemput keberuntungan siapa tau ada bis paling pagi yang menuju ke bandara. Lumayan bo, bayar 4000 VND/orang udah nyampe depan bandara. Tapi ternyata keberuntungan belum berpihak kepada kita. 

Tunggu punya tunggu, itu bis kog belom nongol juga yah? Ya udin, akhirnya kita putusi naek taxi aja. Oiya, kudu cari yg taxi yang namanya Vinasun tapi yg sedan yah, jangan yg Inova. Beda harga soalnya walaupun sama2 pake argo. Nah… yang bikin bingung tuh, di mana kita bisa berhentiin tuh taxi. Bingung euy…

Untung pas lagi jalan di bunderan Ben Thanh, ada taxi Vinasun sedan, yg melipir, langsung tanya pake argo apa enggak, begitu dijawab pake langsung bilang cuzz ke bandara. Jalanan masih sepi, trus sopir taxinya gak lewat jalan utama, tapi blusukan ke jalan2 kecil. Tadinya saya sudah siapin 300.000 VND tapi ternyata argonya gak sampe 150.000 VND.

Karena waktu yang mepet langsung naik terminal keberangkatan. Enaknya di bandara Tan So Nhat ini, kita bisa nimbang barang bawaan di konter check in yang masih tutup. Jadi bisa dikira2 jangan sampai kelebihan. Masih bisa sarapan dengan bekal dulu.

Ini nih yang saya gak suka dari Mama; suka ngobrol. Setelah check in si Mama ngobrol ngalor ngidul sama turis dari Indonesia. Jadi aja deh kita terkepot2 ngantri di imigrasi dengan waktu yang mepet. Mana antriannya panjang. Di Tan So Nhat kan ngantrinya 2x. Pertama di imigrasi kemudian body checking dan screening barang bawaan non bagasi. Bikin mules deg2an aja deh.

Singapura - Changi Airport

Sebetulnya sih pesawat berangkat dan landing tepat waktu. Tapi... ada kejadian di dalam pesawat yang bikin penumpang tertahan nyaris 1 jam gak bisa keluar. Jadi ada penumpang perempuan yang duduk di barisan depan tiba2 marah2, entah sama siapa (karena gak keliatan). Pilot pun mengumumkan pintu pesawat belum dapat dibuka dan penumpang tidak ada yang diperkenankan turun dari pesawat sebelum aparat keamanan datang.

Di imigrasi sempat ditanya tiket pulang. Agak tersinggung sih, secara ngerasa kayak saya mau overstay atau bahkan cari kerja disana. Woi... saya cuma liburan loh. Untungnya tiket dan semua itinerary tersimpan di backpack, jadi bisa cepat dikeluarkan.

Sampai di bandara Changi, Singapura langsung ke tempat penitipan barang. Ya iyalah, cuma nginep semalem ngapain juga ribet geret2 koper. Mending dititipin deh. Sempat tukar uang di salah satu bank yang ada di teminal kedatangan. Saking buru2nya, uang recehnya gak keambil. Rugi deh. Nasib...

Jadi kita keluar bandara cuma bawa daypack aja. Lebih ringan bisa langsung keliling2 deh. Selesai urusan titip menitip langsung ke terminal MRT yang ada di basement. Disini kita beli Singapore Tourist Pass untuk 2 hari. Jadi dengan kartu ini kita bisa bebas naik MRT dan bis selama 2 hari. kartu ini termasuk uang deposit SGD 10 yang bisa diambil dengan menukarkan kartu di hari terakhir pemakaian atau paling lama 5 hari setelah masa berlaku kartu habis.

Jadi kita gak ribet untuk beli koin. tinggal nempelin kartu tersebut di tiap gerbang masuk/keluar stasiun MRT.

Marina Bay Sands (MBS)

Tujuan pertama kita adalah Marina Bay Sands. Jadi MRT berhenti di basement dari mall ini. Naik ke atas; tempat pertokoan; melewati sungai kecil buatan yang dilintasi oleh perahu.

Sambil jalan keliling kita cari tempat makan dan akhirnya terdampar di foodcourt lantai dasar. Dan mungkin karena hari ini adalah hari libur yang juga akhir dari jam makan siang, terlihan semua tempat duduk di foodcourt ini cukup penuh. Beruntung masih ada sisa tempat duduk untuk kita berdua.

Berbagai macam makanan tersedia disini. Tapi secara kita adalah pejalan yang butuh energi besar dan seperti agak susah cari makanan halal, maka kita pun makan di counter makanan Melayu. Eh si Mama pengen nyobain quesadillas gara2 liat orang makan menu ini di meja sebelah. Ya sudah, ntar kita beli makanan itu untuk bekal di jalan.

Di dekat foodcourt ini ada ice skating ring yang gak terlalu besar. Terlihat banyak anak2 yang bermain disini.

Sepertinya di MBS ini lagi trend Twinning Tea Cafe, sampe ada 2 tempat dan terlihat keduanya penuh.

Oiya, disini saya tukar uang lagi. Karena gak ada bank yang buka, akhirnya saya tukar di money changer. Dan ternyata ratenya gak banget deh. Jauh lebih bagus di bank tempat saya tukar uang sebelumnya.

Ternyata.... quesadillas yang dipengenin si Mama tuh ada bermacam2 isinya; beef, chicken dan pork. Kontan deh, Mama gak kepengen lagi gara2 ada si Miss Piggy :D

Esplanade dan Patung Merlion

Kelar dari MBS, kita jalan menuju patung Merlion di Marina Bay. Mama pengen banget foto di depan patung singa muntah itu. Hihihi.... Katanya dulu waktu ke Singapura, gak sempet foto. Dari MBS ada jalan menuju Esplanade dan bisa foto2 dengan latar gedung MBS :P. Lewatin stadion sepak bola. Uniknya, lapangan sepakbola berada diatas sungai. Di dekat Esplanade ada foodcourt yang namanya Makansutra, Nah... disini ada kios2 yang menjual aneka makanan. Banyak juga loh menu makanan yang dikenal di Indonesia semacam es campur, aneka gorengan dll. Di pedestrian, saya sempat beli es krim 1 dollar. Yang ini es krim diantara 2 wafer. Rasanya sih biasa aja. masih enak es potong di Jakarta deh, murah lagi :P. Eh tapi masih penasaran nyoba yang pake roti tawar nih.

Nyampe juga deh di patung singa muntah yang kondang itu. Mama senang banget bisa foto2 di depannya. Akhirnya kesampean juga. Padahal panas cetar membahenol loh.

Pulangnya, kita sempat nyasar nyari stasiun MRT. Bolak balik bingung ke arah mana, udah gitu pas panas terik lagi. Kualat nih sama rombongan Mbak2 yang tadi lewat, Kata Mama ikutin mereka aja, eh saya jawab sapa tau mereka ke tempat lain atau sama2 nyari stasiun MRT. Eh ternyata kita yang muter2.

Orchard Road

Akhirnya kita balik lagi ke stasiun MRT di basement MBS. Yang pasti2 aja deh. Pasti ketemu maksudnya :D. Dari sini kita mau nostalgia nyusurin Orchard Road. Sekalian Mama keukeuh pengen beli makanan di mall Central Point. Ya udah ikutin aja deh maunya si Mama.

Seperti biasa, kalo pake MRT ke Orchard ya turunnya di Wisma Atria. Ternyata pesona Orchard Road sampai saat ini gak pernah pudar. Rame trusss... Ditambah lagi banyak mall baru bahkan ada yang sedang renovasi. Walaupun ramai orang yang berseliweran, tapi gak membuat macet. Karena antara pedestrian/troatoar dan jalan raya dibatasi dengan pagar besi jadi orang gak sampe luber ke jalan raya. Begitupun dengan penyeberangan, hanya bisa menyeberang di tempat2 tertentu dengan tanda zebracross dan lampu pengendali lalu lintas. Boleh nyeberang kalo lampu untuk pejalan kaki sudah berwarna hijau.

Dan diantara gedung2 mall masih ada pohon menambah asri jalan Orchard ini. Saat saya jalan disana sore hari, terdengar suara burung dari arah pohon2 itu.

Nyampe juga di mall Central Point demi mencari nasi. Hahaha... ini juga pake perjuangan secara gak ada KFC disini sementara restoran Melayu pun susah dicari. Setelah tanya sana sini, di lantai 2 ada restoran Indonesia yang namanya Desa kartika dan kita cuma beli nasi putih doang!

Dari sini buru2 kita mau cari lokasi hotel tempat menginap. Tanya sana sini, malah disuruh pake taxi. Padahal menurut informasi yang didapat, dari Orchard bisa ditempuh jalan kaki loh.

Eh ini kog gak nemu2 yah hotelnya padahal udah jalan lumayan jauh, lewat jalanan sepi pula terus sempat lewatin Mount Elizabeth Hospital yang di Novena. Sudah coba telepon hotelnya juga. Sama si resepsionis-mya disuruh pake taxi aja karena jauah.

Tapi masih penasaran, kog gak nemu2. Akhirnya ketemu juga setelah gempor jalan jauh banget! Ya ampun ini kamarnya kecil banget! apalagi kamar mandinya. Kalo pas pake shower, seruangan basah semua deh. Yah tapi namanya juga Singapura, apa2 mahal. Udah lah jauh, kecil mahl pula. Etapi ini hotel yang harganya gak terlalu mahal loh.

Jadi hari ini ditutup dengan kaki pegel2 dan udah gak kepengen ngapa2in lagi. Langsung tidur deh!

No comments:

Post a Comment