Pages

Thursday, October 10, 2013

5 Cities 4 Countries in 11 Days - Day 3 (Bangkok)

Minggu, 1 September 2013
  1. Chatuchak weekend market (Saman Islam Resto)
  2. Madam Tussaud THB 800 10.00 – 21.00 online early bird ticket THB 400/pax (BTS Siam Station)
  3. Mango Tango (Mango Sticky Rice) – Siam Square
  4. Siam Square, Siam Center, Siam Discovery & Mahboonkrong Mall
  5. Fifth Avenue foodcourt lt 5, Mushalla lt 6 - MBK
  6. The Jim Thompson House. Adult THB 100; Students THB 50. 09:00 to 17:00 everyday. Last Guided Tour at 17:00. *Compulsory guided tours around the house (BTS Nat’l Stadium)

Chatuchak Weekend Market

Jam 7an udah siap mau ke Chatuchak weekend market. Nanya2 sama resepsionis di hotel, ke Chatuchak bisa naek bis sekali dari halte terdekat dari hotel tapi pergi sekarang masih terlalu pagi sekitar jam 9an baru pada buka. Ya udah kita iseng ke pasar Banglumpoo, siapa tau ketemu nasi buat makan atau buah.

Seru juga blusukan ke pasar tradisional. Diantara penjual dan pembeli juga ada beberapa bhiksu yang lalu lalang. Akhirnya kita beli buah naga dan jagung rebus. Eh disini jagung rebusnya ada 3 warna loh; kuning, putih dan ungu. Tapi kita mah beli yang warna putih aja. Harga samalah kayak di Jakarta. Terpaksa balik lagi ke hotel secara itu belanjaan rada berat. Dari situ langsung ke Mo Chit (Chatuchak weekend market). Selama saya naek bis umum di Bangkok, saya perhatikan kondektur bis nya perempuan semua deh.

Beneran, belom banyak toko yg buka. Gak belanja yg aneh2 kog. Cuma magnet tempelan kulkas buat oleh2. Ke menara jam (clock tower) yang ada di tengah2 pasar. Tapi rungsep banget deh, banyak kabel berseliweran diatasnya. Nah… di deket situ ada resto Saman Islam. Kayak warteg gitu tapi restoran muslim. Bisa makan deh. Si Mama makan paketan nasi pake telor goreng mata sapi dan sayur ayam. Saya yg gak begitu laper, cuma ngebungkus nasi buat makan ntar siang. Ebuset itu sayurnya pedes gilak deh.




Siam Discovery, Madam Tussauds & Mahboonkrong (MBK)

Dari situ ke Siam Discovery mau ke Madam Tussauds. Tiket masuk udah dibeli online sebelumnya. Dan karena milih yang early entrance sebelum jam 12, itu tiket jadi diskon 50%. Lumayan deh.

Sumpah, ini tempat ribet banget. Jadi ada beberapa mall yang dihubungkan dengan jembatan pertokoan. Mirip di ITC Mangga Dua gitu deh. Ada Siam Paragon, Siam Square, Siam Discovery, MBK dll.

Di Madam Tussauds udah rame orang yg ambil paket early entrance ini walaupun gak sampe antre. Proses claim tiketnya gak ribet juga. Cuma nunjukin e-mail konfirmasi dan kartu kredit yang dipake untuk bayar tiket online, bisa masuk deh. Eh ada rombongan sekolah juga noh.

Pulangnya penasaran dengan Mahboonkong (MBK) mall yang kondang itu. jadi ini mall kayak ITC gitu. Banyak kios2 yang menjual aneka barang. Baju, asesoris, cinderamata dll. Disini cuma beli nasi di KFC.

Mango Sticky Rice @ Mango Tango

Selesai ngider Madam Tussauds saya pengen banget makan Mango Sticky Rice di Mango Tango. Konon katanya ada di sekitar daerah sini. Setelah bolak balik nyasar, akhirnya ketemu juga itu tempat. Resto kecil di pojokan jalan. Pake acara ngantri juga loh. Beras ketan (mirip ketan lemper) yang disiram santan kental dan dimakan bersama buah mangga. Sluuurp…





Dari Mango Tango langsung ke Jim Thompson. Agak2 ribet secara jarang yang tau tempat ini. Yah seperti biasa, modalnya nyusurin jalan pake kaki deh. Akhirnya nemu juga tempat ini.

Jim Thompson House

Jadi Jim Thompson house adalah rumah dari Mr Jim Thompson pria berkebangsaan Amerika yang jatuh cinta sama Thailand beserta kebudayaannya. Rumahnya pun bergaya rumah panggung dari kayu khas Thailand. Dengan dekorasi dan furniture khas Thailand. Bahkan pada saat rumah tersebut selesai direnovasi, dia mengadakan selamatan dengan cara tradisional Thai dan mengundang bhiksu. Ini rumah keren banget deh! Dia juga yang mengembangkan tenun sutera Thailand hingga dikenal di seluruh dunia.




Tapi akhir nasib Jim Thompson ini sungguh tragis. Dia hilang pada saat mengunjungi Cameron Highlands di Malaysia. Sampai saat ini tidak ada kabar berita mengenai dia bahkan jasadnya pun tidak ditemukan. Nasib tragisnya ini konon sudah pernah diramalkan oleh seorang bhiksu dan pernah disampaikan kepada Jim Thompson.

Di pintu masuk rumah Jim Thompson ada rangkaian dari bunga abadi warna putih dan ungu katanya kalo di Indonesia namanya bunga kenop (Gomphrena globosa a.k.a. Globe Amaranth atau Bachelor Button).

Oiya, kalo ke JT House ini kudu pake guide yang sudah 1 paket dengan tiket masuk. Bisa pilih bahasa pengantar dari mbak2 guide yang cantik2 ini; Inggris, Jepang, Perancis ataupun Thailand. Etapi mbak2 guide nya sih orang Thailand asli.

Dari penjelasan guide, saya jadi tau kenapa di setiap rumah/gedung ataupun bangunan lainnya di Bangkok (bahkan di Thailand) ada semacam rumah panggung kecil di depan rumah atau bangunan tersebut. Bangunan tersebut diperuntukan bagi "penghuni lain" sebagai bentuk penghormatan karena saat membangun suatu rumah pasti akan menggusur tempat tinggal "penghuni lain" tersebut. 

Nah dari JT House ini kita mau naik bis aja ke penginepan secara tadi sempat ngeliat bis yang melintas di depan jalan masuk ke JT House ada yang nomernya lewat penginepan. Kan lumayan gak perlu naek turun monorail.

Beneran ada bis yang cuma sekai nyampe ke daerah penginepan. Selama di Bangkok, saya liat di jalanan banyak berseliweran Toyota Etios tuh. lagi nge trend kali ya city car itu di Bangkok. Pulangnya mampir beli tamarind dan manisan mangga di toko dekat penginapan.

Sorenya saya coba naik ke atas penginepan dimana terdapat restoran. Bagus juga pemandangan dari atas sini. Dari situ lanjut sendirian saya menyusuri jalan sampai ke dermaga Phra Arthit. Ternyata emang jalan ini selalu rame. Malam ini pun sama! nyaris semua restor, bar dan night club penuh. Padahal belum terlalu malam loh.

Dan karena perjalanan hari ini sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Semoga besok2 juga sesuai. Amin...

Hari ini cuma sekian aja ngubek Bangkok-nya secara mau nyiapin fisik besok mau ke Siem Reap.

No comments:

Post a Comment